CARA MEMBUAT LUBANG PADA OBJEK 3D

Cara membuat lubang pada objek 3d biasanya digunakan dalam membuat lubang jendela, lubang pintu pada gambar bangunan 3D

Cara membuat lubang pada objek 3d dengan aplikasi AutoCAD biasanya digunakan dalam membuat lubang jendela, lubang pintu dan lubang-lubang lainnya yang diperlukan saat penggambaran objek 3d AutoCAD.

Saat menggambar biasanya kita tidak terlepas dari proses lubang melubangi apalagi saat penggambaran sebuah bangunan dalam bentuk 3D.

Lubang-lubang yang akan kita buat ini biasa digunakan sebagai media penempatan objek lainnya. contoh seperti yang kami sebutkan diawal tulisan ini.

Dalam membuat lubang pada objek 3D dengan aplikasi AutoCAD sangatlah mudah, baik bagi kita yang sudah terbiasa atau mahir maupun bagi teman-teman yang masih belajar.

Hanya dengan satu perintah yang kita jalankan maka proses pelubangan langsung jadi. Kunci utama dalam Melubangi objek 3D AutoCAD yang perlu dipahami oleh kita disini ada dua:

  • Objek utama 3D.

Objek utama 3D merupakan objek yang akan kita lubangi dan menjadi objek yang akan kita gunakan dalam penggambaran 3D. "contohnya adalah objek dinding 3D"

  • Objek bantuan.

Sementara objek bantuan merupakan objek 3D yang hanya digunakan sebagai media untuk melubangi objek utama 3D. Dalam proses menjalankan perintah, objek bantuan ini akan hilang setelah proses pelubangan objek utama 3D sukses dijalankan.

Contoh Cara Membuat Lubang Pada Objek 3D:

Agar dapat dipahami oleh teman-teman semua maka, dibawah ini kami sertakan video bergerak animasi sebagai panduan buat teman-teman.

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buatlah objek dinding 3D pada AutoCAD;
  2. Buatlah objek bantuan untuk pelubang dalam bentuk 3D dan ketebalannya harus lebih tebal dari ukuran dari objek dinding 3D;
  3. Tempatkan objek bantuan yang telah kita buat pada langkah kedua pada posisi yang diinginkan dan posisi penempatan objek bantuan 3D ini harus ditengah-tengah. Sehingga tampak objek bantuan 3D menembus objek dinding 3D;
  4. Jalankan perintah SU (SUBSTRACT);
  5. Enter;
  6. Pilih objek dinding 3D;
  7. Enter;
  8. Pilih objek bantuan 3D;
  9. Enter;
  10. Maka objek diding akan berlubang sesuai ukuran dan bentuk dari objek bantuan 3D.

Demikianlah Cara Membuat Lubang Pada Objek 3D dengan aplikasi AutoCAD 3Dimensi yang sangat mudah serta menyenangkan, hanya dengan satu perintah SU (SUBSTRACT).

Sampai jumpa lagi di arman al dot com dalam tutorial-tutorial menarik lainnya.

Related Posts
0 Response to "CARA MEMBUAT LUBANG PADA OBJEK 3D"

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Dibawah Ini