CARA MEMBUAT PASSWORD FILE AUTOCAD

Cara membuat password pada file autocad untuk melindungi file autocad yang kita miliki hanya dapat diakses oleh pemilik password

Cara Membuat Password File AutoCAD - Gambar-gambar yang kita buat dengan aplikasi AutoCAD biasanya merupakan sebuah rencana yang hanya boleh diketahui oleh kita dan klien saja. 

Tujuannya untuk menjaga dan memproteksi file gambar sebuah rencana dalam bentuk AutoCAD "DWG" yang kita buat, agar tidak dapat di utak atik oleh pihak lain demi untuk keamanan dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu, dalam tutorial ini, kita akan berbagi tutorial Cara Membuat Password File AutoCAD agar gambar teknis yang kita buat nantinya hanya dapat diakses untuk internal klien ataupun perusahaan dimana kita bekerja.

Jadi intinya hanya kita dan orang-orang yang tau password nya saja yang dapat mengaksesnya. Gambar kerja yang kita buat bisa berupa master plan, desain rumah, gambar detail-detai dan lain-lain sebagainya.

Berikut ini bebarapa langkah yang dapat kita lakukan dalam memberi password file sesuai versi AutoCAD yang kita miliki :

I. Cara Memberikan Password file Untuk AutoCAD Versi 2016 Keatas

Pada AutoCAD versi 2016 keatas, fitur Password dapat kita buat dengan bantuan aplikasi Winrar akibat fitur password pada AutoCAD versi ini sudah ditiadakan alasanya sudah tidak memenuhi standar keamanan saat ini.

Untuk caranya dapat kita lihat pada langkah-langkah berikut :

  1. Pastikan PC/Laptop teman-teman telah terinstall Winrar;
  2. Buka folder file DWG yang akan kita beri password pada PC/Laptop teman-teman, lalu pilih dan klik kanan pada file DWG tersebut, kemudian klik Add to Archive;
  3. Akan muncul jendela dialog Archive Name and Parameters kemudian pilih Tab General lalu klik Set Password;
  4. Akan muncul jendela dialog Enter Password;
  5. Pada jendela dialog Enter Password, masukan Password kemudian klik OK;
  6. Klik Ok lagi pada jendela dialog Archive Name and Parameters jika sudah selesai.

File yang kita beri password seperti langkah diatas, akan berbentuk file .rar yang terpassword. Untuk membukanya cukup klik file dua kali, maka jendela winrar akan terbuka.

Kemudian klik lagi file yang ada pada jendela winrar lalu masukkan password dan klik OK maka file yang terpassword tadi akan terbuka.

"Lihat gambar dibawah"

II. Cara memberikan password Untuk AutoCAD versi 2015 ke bawah

  1. Buka file DWG yang akan kita beri password;
  2. Setelah file terbuka lalu Save As;
  3. Pada layar akan muncul otomatis jendela dialog Save Drawing As.
  4. Lalu pilih tool Security Options pada bagian kanan atas Kotak dialog Save Drawing As ;
  5. Masukan Password;
  6. Selanjutnya klik OK;
  7. Masukan lagi Password untuk konfirmasi;
  8. Berikan Nama File DWG kemudian klik Save.

Maka.., dengan menjalankan perintah diatas, kita telah berhasil menyimpan ulang file AutoCAD dalam bentuk sama dengan aslinya tetapi dengan tambahan password saat membukanya. 

Demikianlah tutorial Cara Membuat Password File AutoCAD yang dapat kami berikan dalam tulisan ini, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Related Posts
0 Response to "CARA MEMBUAT PASSWORD FILE AUTOCAD"

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Dibawah Ini