FUNGSI TOOL OFFSET TUTORIAL SKETCHUP

Fungsi Tool Offset Tutorial Sketchup di sketchup ini sendiri, merupakan tool penggandaan garis objek.

Fungsi Tool Offset Tutorial Sketchup - Disetiap aplikasi atau program menggambar 2D maupun 3D dilengkapi dengan tool offset. Ia merupakan tool wajib dalam sebuah program aplikasi gambar.

Tool ini berfungsi untuk menggandakan garis, sehingga mempermudah kita dalam penggambaran.Adapun untuk menjalankan tool ini sangat mudah.

Dalam program aplikasi sketchup, kita dapat menjalankan tool offset pada garis yang ingin digandakan hanya dengan sekali klik. 

Bagi teman-teman yang biasa menggunakan aplikasi AutoCAD tidak asing dengan tool offset ini. Namun, perberbedaan dalam menjalankan tool offset ini pada aplikasi sketchup sangat-sangat jauh.

Untuk penggunaan tool pada program aplikasi sketchup, tool ini berkerja pada kumpulan garis-garis tertutup yang merupakan satu bidang datar dengan dinding yang terjadi akibat kumpulan garis tertutup.

Jadi.., penerapan tool ini jika di gunakan pada garis saja, iya tidak akan bekerja. oleh sebab itu, ketika dalam menggambar garis-garis tertutup dan datar didalam gambar 3D, dengan sendirinya akan membentuk sebuah dinding.

Untuk lebih jelasnya kita langsung saja masuk pada cara menjalankan tool offset pada program aplikasi sketchup yang kami sajikan dibawah ini:

1. Langkah pertama membuat bidang datar:

Karena disini kita belum ada bidang datar yang kita buat pada tutorial-tutorial sebelumnya maka, pada saat ini kita buat dari tahapan membuat bidang datar.

Bidang datar disini merupakan sekumpulan garis-garis yang dibuat dengan tegak lurus, ujung garis-garis saling bersentuhan dan tertutup sehingga memiliki permukaan datar.

Sebuah kotak yang memiliki 6 sisi, maka keenam sisi itu merupakan bidang datar yang dimaksud dan dapat diterapkan tool offset.

Bentuk dari bidang datar yang dimaksud tidak harus berbentuk persegi yang beraturan. Bisa juga kita buat dengan perintah-perintah yang pernah kami sajikan sebelumnya disini:

FUNGSI TOOL SHAPE TUTORIAL SKETCHUP

PERINTAH PIE DALAM TOOL ARCS

 Untuk menggambar bidang datar dengan perintah line dapat dilihat pada gambar animasi dibawah ini:

 2. Cara Menjalankan Tool Offset 

Setelah kita memiliki objek bidang datar yang akan kita terapkan tool offset maka langkah selanjutnya mengaktifkan tool dengan cara:

  • Klik kiri icon tool offset untuk menjalankan;
  • Arahkan kursor ke dinding objek bidang datar;
  • Klik kiri pada dinding objek;
  • Arahkan kursor kearah sisi luar atau dalam dari bidang datar; (bukan arah yang berhadapan dari dinding) 
  • Lalu Enter. (jika ingin penggandaan garis sesuai ukuran yang diinginkan maka, sebelum perintah Enter masukkan nilai jarak offset kemudian baru tekan Enter)

Perlu diketahui bahwa penggandaan garis ini akan membentuk dinding lain jika penggandaan dilakukan diluar bidang datar yang ada.

Demikian Fungsi Tool Offset Tutorial Sketchup untuk informasi lebih lanjut tentang tutorial ini akan kami update tentunya sesuai dengan informasi yang kami dapatkan.

0 Response to "FUNGSI TOOL OFFSET TUTORIAL SKETCHUP"

Lihat lebih banyak komentar
-->