CARA PRINT GAMBAR SESUAI SKALA

Cara Print Gambar Sesuai Skala ini merupakan tulisan saya tentang cara plot gambar dengan ukuran kertas A4, A3, A2 dan Lainnya.

Cara print gambar sesuai skala ini merupakan cara pengeprinan gambar dengan ukuran skala sebenar pada kertas yang dipakai.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pengeprinan agar sesuai skala:

A. Setingan Insection Scale AutoCAD;

Setingan Insection Scale AutoCAD ini merupakan pengaturan satuan unit ukuran yang kita terapkan pada saat penggambaran sebelumnya, bertujuan untuk mengetahui penggunaan satuan ukuran.

Untuk melihat pengaturan ini kita dapat melihatnya dengan cara:

  • Pilih Format;
  • Kemudian Units..;
  • Akan tampil jendela Drawing Units;
  • Untuk penggunaan satuan ukuran dapat kita lihat pada bagian Insertion Scale - Units to scale inserted content;
  • Akan tampak satuan ukuran yang digunakan dalam menggambar apakah: Unitless, Inches, Feed, Miles, Milimeters, Centimeters, Meters, Kilometers dan lain-lainnya.

B. Ukuran kertas;

Setelah kita mengetahui penggunaan satuan ukuran langkah selanjutnya mengenal jenis kertas serta ukuran kertas yang akan digunakan.

Hal ini bertujuan untuk membuat garis bantu pengeprinan berdasarkan ukuran kertas yang akan dipakai berdasarkan satuan ukuran yang digunakan. 

Garis bantu adalah garis persegi empat yang kita buat seukuran kertas aslinya dengan pengaturan layer tidak di cetak dan merupakan garis terluar dari kop gambar.

Contoh:

Jika kita menggambar dengan satuan meter maka  garis bantu yang kita buat untuk jenis kertas A3 Panjang 42 meter dan lebar 29,7 meter dengan skala gambar 1:100

Dimana 1centimeter pada gambar sama dengan 1 meter pada objek sebenarnya.

C. Cara print.

Cara print merupakan langkah-langkah yang digunakan dalam mengatur segala settingan sebelum proses pengeprinan gambar dimulai. 

Untuk cara print, teman-teman dapat mengikuti langkah-langkah pengeprinan dalam tutorial sebelumnya tentang Cara Cetak Plot Gambar AutoCAD.

Yang paling berpengaruh pada pengeprinan dengan skala ini adalah bagian setingan Plot Offset (Origin set to printable area), dimana kita harus mencontreng ✓ Center the plot.

Mencontreng ✓ Center the plot bertujuan untuk menempatkan gambar tepat di tengah-tengah garis bantu pengeprinan.

Kemudian settingan yang berpengaruh selanjutnya adalah pada bagian Plot Scale. Untuk pengaturan dengan kertas A3 Scale = Custom, jika unit ukuran gambar meter pilih 1 = mm, 0.1 = Unit atau mencontreng bagian Fit to paper.

Mencontreng ✓ bagian Fit to paper akan mengatur dan menyesuaikan secara otomatis besar garis bantu yang kita buat dengan ukuran kertas.

Bagaimana cara print gambar sesuai skala dengan jenis kertas-kertas lainnya?

Sebagaimana biasanya, dalam menggambar pada aplikasi AutoCAD kita menggunakan skala 1:1 yang mana gambar yang kita buat di aplikasi AutoCAD 1 meter sama dengan ukuran asli 1 meter pada objek sebenarnya.

Pada saat pengeprinan gambar, skala yang kita gunakan biasanya 1:10, 1:25, 1:50, 1:100 dan lain-lain sesuai ukuran kertas dan keperluan gambar. 

Cara print gambar sesuai skala ada dua cara:

1. Dengan cara menggunakan perintah skala;

Cara print gambar menggunakan perintah skala adalah dengan merubah ukuran gambar yang dibuat dengan perintah skala (SC). Sementara untuk ukuran garis bantu / kop, dibuat sesuai kertas pengeprinan.

Untuk cara menggunakan perintah skala dapat teman-teman lihat pada Menskalakan Objek AutoCAD. Untuk cara pengeprinan bisa mengacu pada Cara Cetak Plot Gambar AutoCAD.

2. Dengan mengatur besaran garis bantu / kop print.

Ini cara yang sering kami lakukan dalam pengeprinan gambar dikarenakan mudah dalam prosesnya. Cara ini tidak merubah ukuran dari gambar namun cukup dengan merubah ukuran garis bantu atau kop gambar dengan perintah Skala (SC).

Contoh:

Sebuah gambar dengan ukuran panjang 20 meter dan lebar 15 meter maka kertas yang kita gunakan adalah A4 serta garis bantu yang dibuat seukuran A4. Jika dicetak pada kertas A3 maka skalanya 1:50 dan jika pada A4 maka 1:100.

Kenapa skala di kertas A3 jadi 1:50?

Ini akibat pembesaran pengeprinan dimana gambar yang dibuat berdasarkan besaran kertas A4 dan pengeprinan pada kertas A3 yang panjangnya 2x lebar A4 sementara lebar A3 sama dengan panjang A4. Maka 1 cm gambar pada A3 sama dengan 50 centimeter objek sebenarnya.

Bagaimana skala jika pada A2?

Untuk skala gambar dalam contoh ini kita harus tau ukuran kertas A2 terlebih dahulu. kebetulan untuk ukuran kertas A2 lebih besar 2x dari A3 maka skala pengeprinan pada A3 dibagi 2.

Untuk skala A2 dari A3 - 1 : 50 Pembanding dibagi 2 = 1 : 25  maka 4 centimeter pada gambar sama dengan 1 meter objek sebenarnya.

Untuk skala A2 dari A4 - 1 : 100 Pembanding dibagi 4 = 1 : 25 dimana ukuran A2 4x lebih besar dari A4.

Demikianlah Cara print gambar sesuai skala yang dapat kami sajikan. semoga apa yang kami sajikan dapat menjadi hal yang berguna bagi kita semua.

Saran dan suport teman-teman menjadi motifasi kami dalam menulis. Sampai jumpa lagi dalam tutorial-tutorial lainnya di arman al dot com.

0 Response to "CARA PRINT GAMBAR SESUAI SKALA"

Post a Comment