FUNGSI IF TUTORIAL MICROSOFT EXCEL

FUNGSI IF TUTORIAL MICROSOFT EXCEL MERUPAKAN RUMUS DALAM MENENTUKAN PILIHAN KEMUNGKINAN YANG AKAN TERJADI SERTA FUNGSI IFS UNTUK MENGHILANGKAN KATA UL

Fungsi IF Tutorial Microsoft Excel ini sebuah rumus yang kami rasa perlu untuk diketahui dan dipelajari karena dalam setiap dunia kerja dengan aplikasi excel fungsi if ini dipakai.

Untuk mempermudah kita dalam memahami dari fungsi IF, dibawah ini kami akan memberikan beberapa contoh dari Fungsi IF untuk pembaca blog arman al agar pembaca dapat dengan mudah memahami tentang fungsi IF pada aplikasi microsoft excel.

1. Dibawah ini adalah gambar animasi dari contoh sederhana fungsi IF dengan dua pilihan:

"=IF(D4>60;"LULUS";"TIDAK LULUS"))))" 

Dimana  maksudnya adalah: = Jika nilai dari cell D4 lebih besar dari 60 maka LULUS; Maka jika lebih kecil dari angka yang tersebut GAGAL.

Seperti itulah kira-kira maksud dari rumus fungsi IF diatas.

2. Berikut ini contoh fungsi IF dengan banyak pilihan:

"IF(D4>87;"A";IF(D4>75;"B";IF(D4>60;"C";IF(D4>50;"D";"E"))))

Dimana  maksudnya  adalah: = Jika nilai dari cell D4 lebih besar dari 87 maka A; Jika nilai cell D4 lebih besar dari 75 maka B; Jika nilai pada cell D4 lebih besar dari 60 maka C; Jika cell D4 lebih besar dari 50 maka D; Jika nilai cell D4 selain dari angka yang tersebut maka F.

3. Menyederhanakan Fungsi IF dengan IFS pada Excel 2019

"IFS(D4>87;"A";D4>75;"B";D4>60;"C";D4>50;"D";TRUE;"E")

Dari rumus IFS pada contoh di atas kita dapat dengan jelas melihat perbedaannya dibandingkan dengan rumus IF pada contoh kedua.

Fungsi IFS ini dapat menghilangkan kata IF yang berulang pada sebuah rumus IF di Excel. Kemudian fungsi IFS ini juga mengurangi penulisan tanda kurung pada rumus.

Sehingga dengan metode IFS ini kita tidak perlu ragu lagi dengan kesalahan-kesalahan dalam penulisan tanda kurung (...) dari fungsi IF.

Fungsi IFS ini hanya tersedia pada microsoft office excel 2019 ke atas.

Demikianlah Fungsi IF Tutorial Microsoft Excel yang dapat kami sajikan dengan bahasa yang mudah-mudahan dapat dipahami oleh teman-teman semua.

Semoga apa yang kami sajikan dalam tutorial ini menjadi bacaan yang menarik serta sebagai informasi yang berguna buat teman-teman semua.

Sampai jumpa lagi dalam tutorial-tutorial lainnya di sini tentunya arman al dot com.

0 Response to "FUNGSI IF TUTORIAL MICROSOFT EXCEL "

Lihat lebih banyak komentar
-->