MENGENAL AREA KERJA DARI AUTOCAD

Tutorial AutoCAD mengenal area kerja dari dan apa saja yang menjadi bagian dari tampilan sehingga mempermudah kita dalam belajar menggambar dengan AutoCAD

Dalam menggambar dengan AutoCAD, ada baiknya kita mengenal area kerja dari AutoCAD dan apa-apa saja yang menjadi bagian dari tampilan AutoCAD

Untuk tampilan AutoCAD keseluruhan disebut dengan Model Space. Didalam Model Space ini terdapat beberapa bagian, yang bagian atas terdiri dari Titlebar, Menubar dan Toolbar

Pada bagian bawah dari Model Space ini terdapat Command Line dan Status Bar. Sementara bagian tengah dari Model Space merupakan Drawing Area Model Space.

Crosshair atau kursor merupakan garis silang yang dapat digerakkan sesuai gerakan dari mouse

Semua gambar rancangan yang akan kita kerjakan nantinya akan kita dikerjakan pada Model Space ini. Oleh sebab itu, perlunya kita mengenal AutoCAD dari sisi tampilannya.

Fungsi Dari Bagian Mode Space AutoCAD

Menubar

Menubar merupakan kumpulan atau submenu AutoCAD. Cara Mengakses menubar dengan cara mengarahkan pointer pada menu yang akan kita buka, kemudian klik, sehingga terlihat perintah-perintah dalam menu tersebut.

Toolbar

Merupakan perintah autocad dalam bentuk icon-icon sesuai dengan kategori masing-masing.

Title Bar

Title Bar merupakan bagian dari Mode Space yang menampilkan nama file yang sedang aktif dalam aplikasi AutoCAD.

Command Window

Command Window ini terdiri dari dua komponen yang posisinya berada di bagian bawah dari Drawing Area

  • Command Text Window

Sebagai jendela yang menampilkan perintah-perintah yang pernah kita buat dari awal sampai akhir perintah yang dibuat. Untuk menampilkan Command Text Window dapat dilakukan dengan menekan F2 pada keyboard.

  • Command Line

Sebagai jendela tempat kita memberi perintah-perintah baru dalam pengoperasian AutoCAD

Drawing Area

Merupakan area kosong yang fungsinya sebagai tempat kita menggambar. Setiap garis-garis atau gambar yang dibuat akan terlihat di area ini.

Pada settingan awal biasanya Drawing Area bewarna putih. Warna dari Drawing Area ini dapat diganti sesuai keinginan dan pastinya nyaman digunakan saat menggambar. "Cara Mengganti Warna Drawing Area"

Crosshair / Kursor

Crosshair atau kursor merupakan garis silang dengan kotak kecil “Pick Box” ditengah. Fungsi dari Crosshair ini sebagai penentu posisi atau titik koordinat. “Cara Setting Crosshair

Demikianlah tutorial mengenal area kerja dari AutoCAD sebagai pengenalan kita terhadap aplikasi yang akan kita gunakan. 

Sampai Jumpa lagi dalam tutorial AutoCAD selanjutnya............

0 Response to "MENGENAL AREA KERJA DARI AUTOCAD"

Lihat lebih banyak komentar
-->