TUTORIAL CARA PRINT GAMBAR AUTOCAD

Tutorial AutoCAD Cara Print - Plotting atau print gambar di AutoCAD terkadang membingungkan bagi sebagian user terutama jika anda masih baru belajar.

Tutorial Cara Print AutoCAD - Untuk mendapatkan hasil cetak yang di ingikan dalam proses penggambaran dengan AutoCAD, maka langkah yang mestidilakukan adalah mengeprint/plot gambar tersebut.

Untuk proses pengeprinan atau plot gambar dengan AutoCAD, bagi sebahagian pengguna mungkin akan kebingungan, Karena proses print pada AutoCAD ini tidak sama dengan pengeprinan pada microsoft office. "sebagai contoh"

Untuk itu, dalam tutorial kali ini kami akan berbagi cara print gambar autocad untuk kita semua agar dalam pengeprinan nantinya akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

CARA PRINT GAMBAR AUTOCAD

Untuk mengeprint atau plotting gambar di AutoCAD, dapat dilakukan sebagai mana tutorial berikut:

  1. Jalankan Command : PLOT Kemudian Enter atau bisa dengan cara menekan tombol CTRL+P pada keyboard.
  2. Pada bagian printer/plotter, pilih jenis printer yang kita gunakan atau dapat juga memilih AutoCAD PDF (General Document). Pemilihan AutoCAD PDF disini bertujuan untuk menyimpan pekerjaan kita dalam bentuk file PDF.
  3. Pada bagian Paper Size, pilih ukuran kertas sesuai dengan yang anda inginkan. Pada contoh saya memilih A4 210x297mm. Kemudian pastikan Fit To Paper dan Center The Plot terceklist agar gambar sesuai dengan kertas dan berada pada tengah-tengah kertas.
  4. Pada pilihan drawing orientations, pilih sesuai orientasi dari bentuk gambar yang teman-teman buat, baik itu (portrait) lebar ke atas  ataupun (Landscape) lebar ke samping , sesuai dengan gambar dan kop milik teman-teman.
  5. Pada Plot Style Table (pen assignment) terdapat beberapa pilihan, yang perlu diperhatikan baik-baik adalah fungsi dari plot style tersebut. Terkadang banyak teman-teman yang kurang memperhatikan settingan satu ini. Sehingga berakibat pada berulang nya proses pengeprinan karena tidak sesuai dengan yang diharapkan. Lihat fungsi dari pilihan Plot Style Table dibawah. "Cara Membuat Plot Style Versi Sendiri"
  6. Selanjutnya pada bagian what to plot, klik window kemudian klik pada sudut pertama kop gambar yang akan di print sampai pada ujung lainnya membentuk persegi empat.
  7. Klik Preview untuk melihat hasil sebelum di Print.
  8. Jika sudah yakin sesuai dengan yang diharapkan maka klik kanan pada mouse lalu pilih Plot untuk proses pencetakan gambar.

FUNGSI DARI SETIAP PILIHAN PLOT STYLE TABLE

  • Acad = Jika kita memilih Acad maka gambar yang akan diprint atau plot akan sesuai dengan warna asli seperti apa yang tertera di layar device kita.
  • DWF Virtual Pen = Jika pilihan kita adalah DWF Virtual Pen maka pengeprinan gambar sebagai Design Web Format dengan menentukan nomor pena virtual yang akan digunakan dalam pengeprinan objek dari warna yang dipilih.
  • Fill Pattern = Plotting gambar sesuai dengan isi pola objek gambar.
  • Gray Scale = Plotting gambar semakin pekat/gelap warna objek pada gambar maka semakin hitam warna yang dihasilkan
  • Monochrome = Plotting gambar untuk menghasilkan warna hitam semuanya. Apapun warna di layar kerja maka akan menghasilkan gambar yang hitam dan tidak dipengaruhi tingkat pekat warna objek. Sehingga terlihat memiliki ketebalan garis yang sama
  • Screening = Plotting gambar dengan penentuan intensitas warna objek yang menggunakan warna pilihan saat diplot. Makin besar makin cerah gambarnya sedangkan makin kecil maka semakin kabur/buram.

Demikianlah tutorial cara print autocad dari kami semoga tutorial ini bisa menjadi pencerah buat teman-teman semua. Sampai jumpa dalam Tutorial AutoCAD lainnya...

0 Response to "TUTORIAL CARA PRINT GAMBAR AUTOCAD"

-->