CARA MENGGUNAKAN APLIKASI TCX CONVERTER MERUBAH FILE GPX KE CSV

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI TCX CONVERTER MERUBAH FILE GPX KE CSV - Jumpa lagi dengan saya dalam tutorial lanjutan dari Cara Cepat Menggambar Kontur.

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI TCX CONVERTER MERUBAH FILE GPX KE CSV - Jumpa lagi dengan saya dalam tutorial lanjutan dari Cara Cepat Menggambar Kontur.

CARA MENGGUNAKAN APLIKASI TCX CONVERTER MERUBAH FILE GPX KE CSV Ini merupakan tutorial yang ketiga atau langkah ketiga yang sebelumnya adalah Cara convert and add elevation kml. Dimana pada tutorial saya sebelumya kita telah menghasilkan sebuah file yang tentunya akan kita gunakan pada tutorial kali ini.

Baiklah teman-teman semua.., langsung saja kita menuju pada Cara menggunakan aplikasi TCX converter merubah file GPX menjadi CVS atau biasanya sebagai file exel.

Untuk langkah-langkah dalam melakukan converter atau merubah file TCX menjadi file CSV adalah dengan cara menggunakan aplikasi. Untuk kali ini, saya menggunakan software TCX Converter.

Bagi teman-teman yang belum memiliki aplikasi ini, dapat anda lihat pada ling download aplikasi yang saya sertakan pada deskripsi youtube dibawah.

1. Install Aplikasi TCX Converter. Untuk penginstalan dapat anda cari di google "baanyak".

2. Buka aplikasi TCX Converter.

3. Pada aplikasi TCX Converter klik OPEN FILE... (lihat gambar "CARA MENGGUNAKAN APLIKASI TCX CONVERTER MERUBAH FILE GPX KE CSV - GAMBAR 1")

4. Pada file explore klik file GPX yang telah kita buat sebelumnya pada tutorial Cara convert and add elevation kml.

5. Setelah file GPX yang kita buka tadi siap atau liat progress telah menunjukkan warna hijau, langkah selanjutnya adalah merubah file tersebut dengan cara klik Save CSV File... (lihat gambar "CARA MENGGUNAKAN APLIKASI TCX CONVERTER MERUBAH FILE GPX KE CSV - GAMBAR 2")

6. Buka file yang baru saja di convert atau disimpan lalu pindahkan dalam satu folder. ini bertujuan untuk mempermudah kita dalam menjalankan langkah-langkah selanjutnya.

7. Kemudian buka aplikasi exel untuk mengedit file CSV tadi.

Cara edit data CSV untuk membuat kontur :

A. Data yang kita dapatkan dari langkah pertama sampai saat ini terdiri dari beberapa data. Namun hanya beberapa data yang kita gunakan, makanya harus di sesuaikan/diedit terlebih dahulu, untuk mendapatkan data kontur yang diiginkan untuk langkah selanjutnya.

B. Biasanya data yang kita dapatkan itu terdiri dari Unix Time, Time, Lat, Long, Alt, Dist, Hr, Cad, Temp dan Power.

C. Disini kita hanya memerlukan Lat, Long dan Alt dan untuk lainnya di delete saja.

D. Kemudian penempatan kolom Long ditempatkan di posisi A1 (select all coloum Long kemudian Ctrl + X dan pastekan pada Lat dengan cara Ctrl + Shift + = dan ubah Long menjadi X, Lat menjadi Y serta Alt menjadi Z.

E. Setelah melakukan poin diatas berarti kita telah selesai dan data siap digunakan untuk langkah selanjutnya.

Demikianlah langkah-langkah merubah file GPX menjadi CSV serta mengedit file tersebut sehingga dapat kita gunakan pada tutorial selanjutnya, untuk membuat kontur atau garis kontur.

Tutorial selanjutnya CARA MENGGUNAKAN APLIKASI SURFER UNTUK MENDAPATKAN GARIS KONTUR dari data file CSV yang telah kita edit tadi.

Untuk lebih jelasnya anda dapat melihat pada video CARA MENGGUNAKAN APLIKASI TCX CONVERTER MERUBAH FILE GPX KE CSV di bawah ini: