BELAJAR AUTOCAD III

Belajar AutoCad III. Pada kali ini saya akan membahas tentang beberapa perintah AutoCad yang belum terbahaskan sebelumnya, ini bertujuan agar kita dapat menggambar dengan menggunakan program aplikasi AutoCad.

Jumpa lagi dengan saya dalam tutorial Belajar AutoCad III. Pada kali ini saya akan membahas tentang beberapa perintah AutoCad yang belum terbahaskan sebelumnya, ini bertujuan agar kita dapat menggambar dengan menggunakan program aplikasi AutoCad.

Dalam tutorial sebelum nya saya telah memberikan beberapa perintah dasar namun jika kita tinjau lebih dalam masih banyak perintah-perintah AutoCad yang belum kita pelajari dalam tutorial ini. Untuk dapat mempelajari semua perintah-perintah AutoCad mungkin butuh waktu lama.

Bagai mana cara supaya cepat bisa menggambar dengan aplikasi AutoCad?
Cara agar dapat menggambar dengan aplikasi AutoCAD secara cepat, kita cukup mengigat/mempelajari perintah-perintah dasar yang sering digunakan saja terlebih dahulu.

Hal ini pernah kami sampaikan pada tulisan Belajar AutoCAD sebelumnya, dan untuk perintah-perintah yang lain dapat kita pelajari sambil mempraktekan perintah-perintah yang utama.

Untuk kali ini saya hanya ingin menambahkan beberapa perintah seperti perintah "M" Move, "Z" Zoom, "T" Text, "TE" TextEdit, "E" Erase dan fungsi dari Scroll Mouse pada aplikasi AutoCad.

Untuk dapat menjalankan perintah ini sama seperti perintah-perintah sebelumnya, seperti pada tutorial Belajar AutoCad I dan AutoCad II.

"M" = Move
Move disini bisa diartikan memindahkan, adapun fungsi dari move ini digunakan untuk memindahkan object. Untuk dapat menjalankan perintah move:

  • KETIK 'M' PADA KEYBOARD -- ENTER -- PILIH OBJECT -- KLIK PADA OBJECT -- ARAHKAN KEMANA OBJECT INGIN DITEMPATKAN -- KLIK -- SELESAI
"Z" = Zoom
Zoom merupakan perintah memperbesar layar tampilan kerja. Zoom ini memiliki banyak plihan diantaranya yang sering kita gunakan zoom all maupun zoom window. Untuk dapat menjalankan perintah zoom ini kita cukup:

Perintah untuk zoom window:
  • KETIK 'Z' PADA KEYBOARD -- ENTER -- KETIK 'W' -- ENTER -- KLIK TITIK A -- KLIK TITIK B -- SELESAI
Perintah untuk zoom all:
  • KETIK 'Z' PADA KEYBOARD -- ENTER -- KETIK 'A' -- ENTER -- SELESAI
Maka tampilan area kerja yang anda gambari akan tampil sepenuhnya.

"T" = Text
Text ini adalah perintah untuk membuat label atau informasi suatu gambar. untuk dapat menjalankan perintah ini cukup dengan:
  • KETIK 'T' PADA KEYBOARD -- ENTER -- TEMPATKAN RENCANA TULISAN DENGAN CARA KLIK TITIK A & B -- LALU TULIS DENGAN APA YANG INGIN DITULIS -- KLIK DILUAR DARI TULISAN -- SELESAI
"TE" = TextEdit
TextEdit merupakan perintah untuk mengedit tulisan yang telah kita tulis sebelumnya. Untuk dapat menjalankan perintah ini dengan perintah:
  • KETIK 'TE' PADA KEYBOARD -- ENTER -- PILIH TULISAN YANG INGIN DI EDIT -- EDIT -- KLIK DILUAR TULISAN -- SELESAI
"E" = Erase
Untuk menghapus garis atau object bisa menggunakan perintah erase. dalam mengunakan erase ini cukup dengan:
  • KLIK 'E' PADA KEYBOARD -- ENTER -- SELECT OBJECT YANG INGIN DI HAPUS -- ENTER -- SELESAI
Scroll 
Sroll mouse disini berfungsi sebagai fasilitas membesarkan dan mengecilkan tampilan bisa digunakan sebagai pengganti dari perintah zoom. Cara menggunakannya dengan cara scroll kedepan untuk memperbesar tampilan area kerja dan sebaliknya scroll kebelakang untuk memperkecil tampilan dari area kerja.
Pada gambar 3 dimensi menggunakan AutoCad fungsi dari scroll ini jika ditekan dan tahan bisa berfungsi sebagai navigator dalam preview gambar tersebut.

Demikian beberapa perintah AutoCad yang dapat saya tulis pada pertemuan kali ini dalam Belajar AutoCad III. Mudah-mudahan apa yang telah kita pelajari dari Belajar AutoCad I, II dan III ini dengan mudah kita pahami sehingga nantinya pada tutorial lanjutan, kita telah dapat menggambar apa yang diinginkan.

Terima kasih...................!!