4 LANGKAH MUDAH DESAIN RUMAH

cara Desain Rumah 2d Sederhana dengan aplikasi autocad. Tulisan ini merupakan tulisan yang menurut penulis pribadi sangat sulit untuk diterjemahkan dengan tulisan, karena dalam menjelaskan langkah-langkah cara desain rumah 2d sederhana ke pembaca tidak dapat dilakukan hanya dengan tulisan semata tetapi juga harus dengan contoh praktek secara langsung dengan aplikasi autocad pada pc/laptop masing-masing.

Pada kesempatan kali ini saya akan membicarakan tentang cara Desain Rumah 2d Sederhana dengan aplikasi autocad. Tulisan ini merupakan tulisan yang menurut penulis pribadi sangat sulit untuk diterjemahkan dengan tulisan, karena dalam menjelaskan langkah-langkah cara desain rumah 2d sederhana ke pembaca tidak dapat dilakukan hanya dengan tulisan semata tetapi juga harus dengan contoh praktek secara langsung dengan aplikasi autocad pada pc/laptop masing-masing. 4 Langkah Mudah Desain Rumah Sederhana ini saya buat sedemikian rupa agar mudah dipahami serta dipraktekan oleh teman-teman, sebagai mana tutorial-tutorial sebelumnya.

Untuk memudahkan pembaca dalam memahami dan mempraktekan tulisan berlabel tutorial kali ini, saya akan melampirkan beberapa gambar tutorial sesimpel atau sesederhana mungkin, sehingga pembaca mampu memahami dan menjalankan perintah autocad ini dengan benar dan dapat dengan mudah mengaplikasikan contoh dari 4 Langkah Mudah Desain Rumah Sederhana pada rencana desain-desain lain yang akan dikerjakan nantinya.

Adapun langkah-langkah yang mesti dilakukan dalam menggambar rumah sederhana, untuk langkah awal kita menyiapkan konsep bagaimana rumah yang nantinya ingin kita buat baik berupa:
  • Lokasi
  • Luas tanah/ukuran tanah
  • Tata letak ruang
  • Tampak
Sebagai mana tertuang pada tulisan saya sebelumnya tentang Rumah Idaman Sederhana. Untuk itu saya telah membuat sebuah konsep tentang rumah yang akan kita gambar natinya. Dengan luas tanah lebih kurang 10x15 meter memanjang kebelakang, rencana ruang halaman depan dan belakang, 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, km/wc, dapur serta teras.

Jika poin-poin diatas telah tersedia seperti luas tanah/ukuran tanah dan tata letak ruang dalam bentuk sket, mari kita masuk pada tahap desain gambar rumah 2d sederhana, tentunya menggunakan aplikasi autocad.

1. Menggambar denah tata ruang

  • Dalam membuat denah 2d langkah pertama buatlah garis as dengan perintah "L" line sehingga berbentuk denah rumah "lihat contoh denah".


  • Offset seluruh garis as yang dibuat tadi dengan jarak 1/2 dari ukuran dinding. "jika ketebalan dinding 0.13 m maka jarak offset 0.065 m"


  • Dengan perintah "EX" extend sambung semua garis sehingga membentuk sudut pertemuan garis.


  • rapikan sudut yang di buat dengan perintah "TR" trim sehingga pada setiap sudut maupun perpotongan dinding menjadi ruang kosong sebagai kolom praktis.


2. Menempatkan kusen pintu/jendela pada denah yang telah dibuat

  • Buatlah desain pintu/jendela untuk ditempatkan pada denah nantinya. "lihat gambar"


  • Setelah desain denah pintu/jendela telah dibuat, dengan perintah "CO,M,MI,RO" copy, move, mirror, rotasi pintu/jendela pada posisi denah sesuai rencana penempatan pintu/jendela.


  • Potong semua garis dinding yang berada ditengah pintu dengan menggunakan perintah "TR" dan garis bantu dengan perintah "L" line.


3. Memberi ukuran dan nama dari setiap ruang

  • Untuk dapat memberikan ukuran dan memberikan nama pada denah yang kita buat tadi, teman-teman arman-al dapat melakukannya dengan tool dimension untuk memberi ukuran. Untuk penamaan ruang, teman-teman dapat menggunakan perintah "T" text.


4. Menggambar tampak 

  • Untuk menggambar tampak, disini teman-teman dapat  memakai garis bantu, kemudian dengan bantuan garis tersebut kita dapat menggambarkan seperti penggambaran pada media kertas menggunakan penggaris. "lihat gambar tampak"


Demikianlah tutorial 4 Langkah Mudah Desain Rumah Sederhana dengan menggunakan aplikasi autocad, semoga tutorial ini menjadi acuan bagi teman-teman yang sedang mempelajari cara gambar menggunakan aplikasi autocad.

Sekian dan sampai jumpa pada tutorial berikutnya............!!
Related Posts