MEMBUAT BOOTABLE USB FLASHDISK

cara membuat bootable usb flashdisk tanpa menggunakan software yang menurut arman-al merupakan cara paling gampang untuk di lakukan.

Ada beberapa cara membuat bootable usb flashdisk baik dengan menggunakan software maupun tanpa software. Untuk pertemuan kali ini saya akan berbagi cara membuat bootable usb flashdisk tanpa menggunakan software yang menurut arman-al merupakan cara paling gampang untuk di lakukan. Adapun fungsi dari bootable flashdisk disini sendiri sebagai alat untuk instalasi pc/laptop yang tidak memiliki cd room atau bahkan sedang mengalami masalah pada cd room.

Untuk dapat membuat bootable usb flashdisk yang mesti dipersiapkan diantaranya:

1. Flashdisk 

2. Laptop/pc

3. Operating System

Mengapa harus ada laptop/pc?

Laptop/pc dalam membuat bootable usb flashdisk disini, digunakan sebagai sarana merubah dari fungsi flashdisk yang tadinya hanya berfungsi sebagai penyimpan data kemudian dengan perantara laptop/pc dirubah fungsinya sebagai pengganti cd bootable dengan cara seperti yang akan kita lakukan.

Berapa besar kapasitas flashdisk yang diperlukan?

Untuk ukuran kapasitas flashdisk yang digunakan tergantung dari besar file operating system yang ingin di instal, untuk itu sebaiknya flashdisk yang digunakan memiliki kecepatan transfer data yang cepat karena akan mempercepat pengiriman data atau mengkopi data operating system yang telah dipersiapkan (menurut pengalaman).

Bagai mana langkah-langkah membuat bootable usb flashdisk?

Untuk langkah-langkah membuat bootable usb flashdisk pertama-tama pasangkan usb flashdisk pada laptop/pc yang telah dipersiapkan tadi lalu pada laptop/pc masuk ke windows - windows system.

*. Command prompt atau tekan logo WINDOWS KETIK "CMD" tampa tanda kutip

*. Pada tampilan command tuliskan DISKPART ENTER LIST DISK

*. Lalu akan terlihat flashdisk yang anda pasangkan tadi dengan cara SELECT DISK 1 atau 4 pemilihan tergantung posisi flashdisk

*. Langkah selanjutnya ketikan CLEAN

*. Setelah proses clean selasai lalu akan tampil seperti "gambar dibawah" ketikan CREATE PARTITION PRIMARY

*. Lalu ketikan ACTIVE ENTER ini bertujuan mengaktifkan fungsi dari flashdisk

*. Kemudian ketikan FORMAT FS=FAT32 LABEL=ARMAN-AL QUICK ENTER untuk penamaan flashdisk pada label=ARMAN-AL disini bisa diganti dengan nama anda atau yang lainnya

*. Setelah proses diatas selesai berarti untuk tahapan ini kita telah berhasil membuat bootable usb flashdisk lalu ketian EXIT untuk keluar dari proses membuat bootable usb flaskdisk.

Apakah langkah diatas berarti kita telah berhasil membuat bootable usb flashdisk?

Ya..., pada tahapan diatas kita telah berhasil membuat bootable usb flashdisk, cuman belum ada operating system didalamnya. Untuk menjadikan flashdisk dapat digunakan dalam penginstalan ulang pc/laptop yang tidak memiliki cd room atau bahkan sedang mengalami masalah pada cd room, kita cukup mengkopikan file operating system OS yang telah persiapkan sebelumnya kedalam flashdisk.

Untuk penginstalan cukup masuk pada bios f2 atur penginstalan menggunakan flashdisk dan untuk pengaturan bios ini berbeda-beda setiap laptop/pc.

Demikian cara membuat bootable usb flashdisk ini saya tulis, semoga tulisan ini dapat membantu teman teman yang sedang membutuhkan dalam penginstalan ulang. Jika ada sesuatu yang belum dimengerti dapat menanyakan pada komentar dibawah.

Untuk info saya menggunakan windows 10 dalam membuat bootable dengan flasdisk kingston 8 gb operating system windows 10.