CARA MEMBUAT DENAH DENGAN AUTOCAD

Dalam tutorial Cara membuat denah dengan autocad sesuai skala secara cepat dalam bentuk file pdf dan dwg serta penempatan pada lokasi

Untuk teman-teman yang ingin membuat denah dengan autocad, dalam tutorial ini kami akan menyajikan cara mudah dalam menggambar sebuah denah rumah dengan autocad.

Tutorial yang kami sajikan kali ini sebenarnya tidak lepas dari tutorial-tutorial sebelumnya yang telah kami sajikan buat teman-teman semua.

Dimana dalam menggambar denah dengan autocad, kita harus paham, ingat dan tahu cara menjalankan perintah-perintah autocad.

Contohnya cara membuat garis as dari denah, apa saja langkah yang harus dilakukan dalam membuat garis As.

Dalam tutorial ini akan kita sajikan cara-cara lengkapnya dengan mudah dan sederhana untuk teman-teman semua terutama bagi yang baru dan ingin belajar menggambar dengan autoCAD. 

Baiklah untuk menyingkat waktu langsung saja kita masuk pada Cara Membuat Denah Dengan AutoCAD secara cepat dan mudah untuk dipahami.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Aturlah dulu satuan yang mau kamu pakai, untuk tutorial ini, kita memakai satuan meter. Untuk cara setting satuan kerja pada autocad dapat mengikuti disini.

2. Buatlah layer gambar sesuai dengan kebutuhan dalam menggambar denah. Untuk cara membuat layer teman-teman dapat melihatnya disini dan untuk cara cepatnya bisa lihat disini.

3. Selanjutnya buatlah dulu garis as dari denah rencana dengan menggunakan perintah line atau dengan perintah poliline. 

4. Lakukan perintah offset untuk menggandakan garis dinding 1 dan dinding 2 dari garis as.

5. Lakukan pemotongan garis as dan garis dinding yang berpotongan di sudut-sudut dan pertemuan dinding sesuai besar dari kolom yang akan dibuat dengan menjalankan perintah Trim + TR. Lihat disini cara menjalankan perintah trim.

6. Memberi layer pada setiap garis untuk lebih mudah membedakan setiap garis-garis. Caranya dapat di lihat disini.

7. Buat dan tempatkan kolom pada setiap sudut-sudut pertemuan garis dinding baik pada sudut L, sudut T maupun pada bentangan dinding sesuai keperluan dan struktur dengan menggunakan perintah rectangle sesuai ukuran dinding yang kita buat nantinya. Untuk cara nya lihat disini.

8. Pada langkah ke delapan selanjutnya adalah menempatkan notasi pintu dan jendela pada posisi denah. "Membuat Notasi Pintu dan Jendela"

9. Kemudian setelah notasi pintu terpasang pada tempatnya maka langkah selanjutnya adalah memotong garis yang tidak terpakai dengan perintah Trim.

10. Beri arsiran pada bagian dalam dari dinding dengan menjalankan perintah Hatch lalu pilih arsiran solid dan jangan lupa memberikan layer pada arsiran. Cara memberi arsiran lihat disini.

11. Langkah yang terakhir adalah, memasukkan furniture dengan move atau copy file furniture pada gambar lain serta memberikan informasi ruang, elevasi serta dimensi denah dengan perintah text ataupun mtext. Cara memberi text lihat disini.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat kita jalankan untuk Cara Membuat Denah dengan AutoCAD sehingga membentuk satu denah rumah.

Untuk tutorial sselanjutnya arman al dot com akan berbagi cara membuat gambar tampak dari denah yang telah kita buat ini.

0 Response to "CARA MEMBUAT DENAH DENGAN AUTOCAD"

Lihat lebih banyak komentar
-->