TUTORIAL VLOOKUP MICROSOFT EXCEL

Tutorial Vlookup Microsoft Excel merupakan tutorial yang membahas tentang apa itu vlookup dan bagaimana cara penggunaannya.

Tutorial Vlookup Microsoft Excel merupakan tutorial lanjutan yang membahas tentang cara penggunaan vlookup pada aplikasi microsoft excel.

Apa itu Vlookup Microsoft Excel?

Di dalam microsoft excel, vlookup merupakan sebuah rumus pencarian dalam baris yang berkaitan dengan data yang dikaitkan dengan tebel excel berdasarkan kolom / data vertikal secara otomatis.

Rumus Vlookup ini sangat penting bagi kita ketika sedang mencari data-data yang diperlukan diantara kumpulan data-data yang banyak dalam tabel.

Cara kerja Vlookup dengan cara menghubungkan data yang dicari lookup value dengan data yang akan kita cari dalam sebuah table secara vertikal baik itu pada kolom A,B,C dan seterusnya.

Penulisan rumus Vlookup adalah: "=VLOOKUP(DATA YANG DICARI LOOKUP VALUE; TEMPAT PENCARIAN DALAM TABEL; KOLOM PENCARIAN; FALSE)".

1. Contoh Vlookup sederhana:

"=VLOOKUP(A4; A2:E5; 5; FALSE)" dimana A4 = Ani, A2:E5 = data tabel dari Andi sampai dengan 6666555444, 5 = nomor kolom pencarian, FALSE yang merupakan type data.

Dari rumus diatas dapat dipastikan bahwa vlookup ini akan menampilkan No Identitas dari Ani. Terdapat dua type data dalam rumus vlookup yaitu False/0 dan True/1.

False/0 merupakan type data yang digunakan untuk menentukan pasti atau tetap. Sementara True/1 merupakan type data untuk menentukan nilai yang tidak pasti atau diantara nilai-nilai tertentu (range).

Penggunaan ; titik koma bisa saja berbeda antara satu pc/laptop dengan pc/laptop lainnya sesuai settingan dari microsoft excel pada masing-masing pc/laptop. 

Jika teman-teman mendapatkan error dalam perumusan ini, silahkan ganti tanda ; titik koma dengan tanda , koma saja.

2. Contoh penggabungan Vlookup dengan fungsi INT:

Fungsi INT ini merupakan rumus untuk membulatkan bilangan ke bawah seperti 5,9 menjadi 5 kemudian -7,8 menjadi 8.

"=INT(YEARFRAC(DATE(2021;3;23); VLOOKUP(A4; A2:E5; 4; FALSE); 1)) dimana INT merupakan fungsi pembulatan angka kebawah.

(YEARFRAC(DATE(2021;3;23); merupakan rumus perhitungan jumlah tahun dengan hitungan hari berdasarkan hari lainnya. Date(2021;3;23); merupakan tanggal perhitungan.

"VLOOKUP(A4; A2:E5; 5; FALSE)" dimana A4 = Ani, A2:E5 = data tabel dari Andi sampai 6666555444, 4 = nomor kolom pencarian merupakan tanggal lahir, FALSE yang merupakan type data.

Dari beberapa contoh diatas kita dapat mengambil satu kesimpulan bahwa fungsi dari Vlookup disini sangat bermanfaat untuk kita yang bermain dalam bidang data di Microsoft Excel.

Demikianlah Tutorial Vlookup Microsoft Excel yang dapat kami sajikan, semoga apa yang kami sajikan ini dapat dipahami dengan baik dan dapat menjadi ilmu yang bermanfaat.

Sampai jumpa lagi dalam tutorial-tutorial lainnya di arman al dot com.

0 Response to "TUTORIAL VLOOKUP MICROSOFT EXCEL"

Post a Comment