MENGGAMBAR GARIS LURUS AUTOCAD 2010

MENGGAMBAR GARIS LURUS AUTOCAD 2010, Tutorial, AutoCAD, Pemula, Belajar Cepat AutoCAD, Cara Autocad, Panduan Autocad, Autocad Tutorial, Belajar AutoCAD

Salah satu dasar untuk menggambar 2D adalah pembuatan objek dengan perintah line. Perintah ini berfungsi untuk membuat objek garis. Apabila teman-teman telah membuat objek garis dan teman-teman ingin melanjutkan pada objek berikutnya, maka ujung garis tersebut dapat menjadi awal dari garis lain, dan seterusnya. Meskipun garis-garis tersebut terbentuk secara sambung-menyambung, tetapi setiap segmen garis akan merupakan sebuah objek yang terpisah satu dengan lainnya.
Untuk menjalankannya dapat menggunakan salah satu dari cara dibawah ini:

  • Pilih menu Draw > Line


  • Pada toolbar Draw pilih Ikon
  • Sebelum teman-teman  menjalankan perintah line, perhatikan Command Line pada bagian bawah dan pastikan terlihat tulisan Command: Kemudian teman-teman dapat mengakses perintah menggunakan ikon, keyboard, ataupun menu bar. Apabila belum terlihat tulisan tekan tombol ESC sampai terlihat. Setelah perintah teman-teman masukkan, Command Prompt akan menuntun teman-teman dengan memberi petunjuk apa yang harus dilakukan selanjutnya ataupun menawarkan pilihan yang ada.
    1. Masukkan perintah pada command line untuk membuat garis lurus, selanjutnya AutoCAD akan memberi respon yang meminta teman-teman untuk menentukan titik di mana garis akan dimulai. Tentukan sebuah titik dan klik kiri mouse.
    2. Gerakan mouse dan perhatikan ujung garis pertama akan tetap berada pada titik yang baru saja teman-teman terapkan, sedangkan ujung yang lain akan mengikuti gerakan mouse. Tentukan sebuah titik dan klik kiri mouse.
    3. Tentukan titik berikutnya dan klik kiri mouse.
    4. Tentukan titik berikutnya, atau ketik U untuk membatalkan garis sebelumnya, atau ketik C apabila teman-teman menginginkan garis terakhir kembali ke titik awal, atau tekan Enter untuk mengakhiri perintah.
    5. Setelah mengakhiri perintah line, maka tulisan Command: akan terlihat kembali.

    (Klik sebuah titik pada sembarang tempat untuk menentukan titik awal)
    (Klik sebuah titik untuk menentukan titik berikutnya)
    (Klik sebuah titik untuk menentukan titik berikutnya)
    (Klik sebuah titik untuk menentukan titik berikutnya atau tekan Enter untuk keluar dari perintah)
    Command:
    Perintah Line