SISTEM KOORDINAT DALAM MENGGAMBAR AUTOCAD

Sistem Koordinat Menggambar AutoCAD. Ada tiga sistem koordinat dalam menggambar dengan aplikasi AutoCAD, Koordinat Kartesian, Koordinat Polar dan Koordinat Relatif. Ini semua bertujuan untuk menentukan titik koordinat saat penggambaran sehingga menjadi objek dalam bentuk gambar yang diinginkan.

Di dalam menggunakan AutoCAD ada baiknya kita mengenal Sistem Koordinat Menggambar AutoCAD. Ada tiga sistem koordinat dalam menggambar dengan aplikasi AutoCAD, Koordinat Kartesian, Koordinat Polar dan Koordinat Relatif. Ini semua bertujuan untuk menentukan titik koordinat saat penggambaran sehingga menjadi objek dalam bentuk gambar yang diinginkan.

Untuk menentukan suatu titik dengan tepat, teman-teman memerlukan suatu sistem koordinat untuk membantu menentukan letak suatu titik. Lokasi kursor gambar terhadap nilai dari sistem koordinat dapat dilihat pada status bar, dan ada tiga tipe tampilan yaitu:

  • Statis, nilai dari koordinat suatu titik akan ditampilkan dengan menggunakan sistem kartesian (X,Y) dan diperbaharui apabila letak suatu titik sudah ditentukan.
  • Dinamis, ditampilkan dengan menggunakan sistem koordinat kartesian (X,Y) dan nilai dari koordinat akan berubah setiap kali teman-teman menggerakkan kursor gambar.
  • Jarak dan Besaran Sudut, nilai koordinat akan ditampilkan dengan menggunakan sistem koordinat Polar dan selalu berubah setiap kali kursor gambar digerakkan.

Koordinat Kartesian

Dalam menggambar 2D, koordinat kartesian yang digunakan adalah  sumbu X dan Y. Nilai dari sumbu X sama dengan jarak suatu titik terhadap garis horizontal, dan nilai dari sumbu Y sama dengan jarak titik tersebut terhadap garis vertikal.

Penulisan; X,Y
Contoh menggambar dengan koordinat kartesiaan:

  • Ketik tombol L pada keyboard Enter Ketik 0,0 Enter Ketik 3,0 Enter Ketik 0,3 Enter Ketik -3,0 Enter Ketik C Enter

Koordinat Polar

Koordinat polar ini dapat didefinisikan sebagai jarak dan sudut dari titik yang dituju yang menunjukkan arah perpindahan dan arah sudut dalam bidang gambar. Adapun cara penulisannya adalah dengan menuliskan jarak dan besaran sudut, dipisahkan dengan tanda <.

Penulisan: @ Jarak < 
Contoh menggambar dengan koordinat polar:

  • Ketik tombol L pada keyboard Enter Ketik 0,0 Enter Ketik @ 60Enter Ketik@ 5 180 Ketik C Enter

Dalam keadaan default, AutoCAD menentukan sudut dalam bentuk berlawanan dengan arah jarum jam dan sudut 0berada di sebelah kanan pada garis horinzontal. Apabila teman-teman berputar melawan dengan arah jarum jam, maka sudut tersebut bernilai positif, dan apabila searah jarum jam maka mempunyai nilai negatif.

Untuk menentukan arah perputaran sudut, dapat teman-teman lakukan dengan cara berikut:
  1. Pilih menu Format > Units
  2. Kosongkan checkbox Clockwise untuk menentukan sudut berputar berlawanan dengan arah jarum jam.
  3. Untuk mengubah sudut 0◦, tekan tombol Direction dan tentukan besar sudut pada kotak dialog Direction Control.

Koordinat Relatif

Penggunaan Koordinat Relatif diawali dengan tanda @ yang menunjukan bahwa jarak yang teman-teman tetapkan adalah relatif terhadap titik terakhir.

Seperti halnya sistem kordinat kartesian, sistem koordinat relatif membagi ruang menjadi empat kuadran. Persilangan antara sumbu X dan Y merupakan titik origin (0,0).

Penulisan: @X,Y
Sebagai contoh penggunaan koordinasi relatif, lakukan langkah-langkah berikut:
  • Ketik tombolLpada keyboardEnterKlik disembarang tempatEnterKetik@ 5,0EnterKetik@ 3,5Ketik @-5,0Enter KetikCEnter
Related Posts