AKUN ADSENSE DITANGGUHKAN 30 HARI

30 hari penangguhan sembari memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi. Saya sadar ini adalah kesalahan yang saya lakukan sendiri, karena tidak menyiapkan proteksi dini sebelum kejadian ini terjadi.

Ini merupakan sebuah pengalaman yang cukup menyesakkan dada ketika menerima pemberitahuan dari google adsense, bahwa akun adsense anda telah di tangguhkan dalam 30 hari. Alasannya karena saya dinilai telah mengklik iklan sendiri.

Saya sendiri tidak tahu mengapa ini semua bisa terjadi pada akun adsense saya. Karena belum genap sebulan saya menjadi publisher adsense, sudah terjadi sesuatu yang sangat tidak diinginkan mungkin bukan hanya bagi saya namun juga, bagi para publisher adsense pada umumnya. Padahal selama diterima menjadi publisher adsense saya sangat berhati-hati dalam memperlakukan blog yang saya miliki.

Ini merupakan resiko bagi setiap publisher adsense yang umum terjadi, namun bagi kita yang baru pertama kali, hal ini seperti geledek disiang hari. Kejadian ini lebih parah dari penolakan untuk menjadi publisher google adsense, bahkan ia sangat-sangat dahsyat, saya sendiri sempat dibuat pusing dan jatuh sakit beberapa hari, sehingga blog tidak terurus "bagai anak ayam tanpa induknya", he... he... he... "sory bercanda, ngak ada hubungannya kalee....". Dari kejadian ini saya melakukan penelusuran tentang apa saja yang pernah saya lakukan sebelum hal ini terjadi, sehingga saya memutuskan ada beberapa penyebab yang membuat hal ini terjadi "ini merupakan kemungkinan yang belum pasti kebenarannya".

Beberapa kemungkinan penyebab terjadinya penangguhan:

Setelah saya mencoba untuk menelusuri penyebab kejadian ini, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi:
  1. Bisa saja laptop yang saya gunakan buat ngeblog digunakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan saya atau bahkan bisa saja saya sendiri yang klik iklan tanpa disengaja. (seingat saya selama diterima menjadi publisher google adsense, jarang sekali bagi saya untuk melihat blog sendiri selain dalam versi peninjauan)
  2. Kemungkinan yang kedua, dalam memperbaiki blog, saya pernah menggunakan laptop teman.
  3. Atau kemungkinan yang ketiga bisa saja karena smartphone yang saya gunakan.

Tindakan yang saya tempuh:

Karena penangguhan ini sifatnya hanya sementara "selama 30 hari" dan bagi teman-teman  yang mengalami hal yang sama seperti saya alami ngak perlu panik, karena setelah tiga puluh hari iklan akan tampil kembali. adapun hal yang saya lakukan selama tiga puluh hari tersebut adalah mencoba memperbaiki  beberapa hal yang menurut analisa saya, menjadi penyebab Akun Adsense Ditangguhkan 30 Hari.
  1. Agar terhindar dari klik iklan sendiri, saya memasang plugin adblock plus pada browser mozzila dan memasang plugin adsense/google publisher toolbar pada google chrome. Kedua jenis plugin ini mungkin hampir sama. Kesamaannya adalah sama-sama menghidari kita dari klik iklan sendiri. he... he... he..., namun secara visual tampak perbedaan yang nyata, jika untuk plugin adblock plus pada mozila, berfungsi menyembunyikan iklan keseluruhan. Menyembunyikan iklan keseluruhan disini maksudnya semua iklan yang ada akan di block sehingga tidak akan tampil, bukan hanya iklan pemilik blog saja namun juga iklan-iklan pada blog lain. Berbeda dengan plugin adsense pada google chrome, ia berfungsi sebagai selaput tipis yang melapisi si iklan, sehingga iklan tidak dapat diklik. Iklan yang dilapisi hanya milik si pemilik akun adsense yang didaftarkan.
  2. Usahakan untuk tidak menggunakan laptop lain, dan jika pun pernah terjadi, bersihkan semua cache pada browser atau kalau memungkin kan pasang plugin pada setiap laptop yang digunakan.
  3. Langkah yang saya lakukan untuk menghindari dari klik iklan sendiri pada smartphone, saya mengaktifkan adblock plus untuk setiap browser.

Tujuan dari tulisan ini:

Tujuan dari tulisan ini bukan sebagai media pencari kebenaran, namun sebagai infomasi buat kita semua, terutama buat saya pribadi tentang pengalaman yang saya lakukan dalam menghindari klik iklan sendiri, sehingga harapan kedepannya, saya atau kita semua tidak mengulangi kejadian serupa terulang kembali.

Dari setiap permasalahan yang dialami teman-teman mungkin berbeda dengan apa yang saya alami, sehingga ini bukan merupakan solusi yang pasti, namun langkah yang saya ambil secara naluri dengan tujuan agar terhindar dari hal yang sama dikemudian hari.

Untuk saat ini saya tidak mengajukan pengaduan apapun ke pihak adsense, saya lebih memilih menuggu 30 hari penangguhan sembari memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terjadi. Saya sadar ini adalah kesalahan yang saya lakukan sendiri, karena tidak menyiapkan proteksi dini sebelum kejadian ini terjadi. Kejadian ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya dan harapan menjadi pembelajaran buat kita semua.

Terima kasih telah berkunjung............!!