RUMAH IDAMAN SEDERHANA

Rumah idaman bukan hanya karena sebagai tempat istirahat dikala lelah, rumah idaman tidak harus mewah, rumah idaman rumah yang bisa menjadikan penghuninya merasa betah berlama-lama berada di dalamnya serta tempat dimana sang pemilik berlindung dari panasnya matahari di siang hari dan dinginya angin malam kala malam datang.

Mungkin sebuah keinginan yang wajar ketika seseorang menginginkan rumah idaman sederhana. Rumah idaman bukan hanya karena sebagai tempat istirahat dikala lelah, rumah idaman tidak harus mewah, rumah idaman rumah yang bisa menjadikan penghuninya merasa betah berlama-lama berada di dalamnya serta tempat dimana sang pemilik berlindung dari panasnya matahari di siang hari dan dinginya angin malam kala malam datang. beberapa faktor yang menurut penulis merupakan syarat sehingga rumah dinyatakan sebagai rumah idaman versi arman.

  1. Yang pasti disukai dari segi tampak, tata letak maupun posisi.
  2. Sumber air yang baik.
  3. Sistem sirkulasi udara yang memadai (ventilasi).
  4. Pencahayaan yang cukup.
  5. Memiliki halaman/taman.
  6. Sistem sanitasi yang baik.
1. Yang pasti disukai dari segi tampak, tata letak maupun posisi.
Maksud dari segi tampak disini sebuah rumah akan menjadi kebanggaan bagi sang pemilik bila tampak dari rumah tersebut tidak membosankan bila dipandang dan tidak ketingalan zaman.
Tata letak maupun posisi disini menunjukan perencanaan denah dari bangunan tersebut memiliki fungsi dan tata ruang yang bermanfaat.

2. Sumber air yang baik
Sumber air yang baik menurut penulis air itu mudah di dapatkan baik berupa air tanah maupun air PAM

3. Sistem sirkulasi udara yang memadai (ventilasi).
Setiap rumah yang dibangun ini harus memiliki sistem sirkulasi udara yang baik, udara yang masuk dan udara yang keluar sehingga akan membuat rumah tersebut terasa segar dan sehat.

4. Pencahayaan yang cukup.
Pencahayaan yang cukup disini merupakan tata letak/penempatan dan banyaknya dari jendela yang dibutuhkan bertujuan agar pencahayaan yang masuk kedalam ruangan tersebut cukup sehingga dapat keperluan energi listrik yang dibutuhkan relatif lebih sedikit.

5. Memiliki halaman/taman.
Memiliki halaman/taman bertujuan menjadikan suasana dari rumah idaman menjadi lebih sehat baik dari segi udara maupun pandangan mata, sehingga tersaji coretan warna-warna alami dari halaman/taman.

6. Sistem sanitasi yang baik
Sistem sanitasi yang baik disini maksudnya setiap limbah dari rumah tangga dapat terkelola dengan baik tidak mempengaruhi / merusak alam itu sendiri. contoh penempatan septitank ini diletakan sejauh mungkin dari rumah/sumber air.

Demikian beberapa faktor yang menurut penulis rumah itu di katagorikan kedalam rumah idaman sederhana.
Intinya tidak perlu besar dan mewah namun memenuhi kategori diatas.
Bagai mana menurut anda....................??

Related Posts