MENSKALAKAN OBJEK AUTOCAD

cara menskalakan objek autocad. Yang mesti di ingat adalah, dalam menggambar dengan aplikasi autocad, teman-teman tetap menggambar dengan ukuran seben

MENSKALAKAN OBJEK AUTOCAD Perintah scale digunakan untuk menskala objek dengan cara mempernesar atau memperkecil objek tersebut menurut skala tertentu dan menggunakan acuan base point. Untuk dapat menjalakan perintah scale teman-teman dapat melakukan beberapa langkah mudah seperti berikut:

Perintah Scale

  • Pada toolbar Modify klik ikon Scale atau ketik SC pada command
  • Pilih objek yang akan di ubah skalanya.
  • Tekan Enter untuk melanjutkan perintah.
  • Tentukan titik acuan untuk menskala objek
  • Tentukan skala objek, Apabila teman-teman memasukkan nilai 0,5 (nol koma lima) maka objek akan diperkecil. Sebaliknya jika teman-teman memasukkan nilai lebih besar dari 1 (satu)  maka objek secara otomatis akan diperbesar

Perintah Scale dengan Grip

Modus scale berguna untuk mengubah besaran atau skala objek "Memperbesar maupun memperkecil objek". Untuk menjalankan modus scale, pilihlah hot grid, kemudian lewati modus yang lain seperti stretch, move dan rotate dengan menekan Enter.
Pada prompt akan terlihat seperti gambar Perintah Scale dengan grip 2 dibawah ini:


Perintah Scale dengan grip 2
Selanjutnya teman-teman dapat menentukan titiknya menngunakan crosshair untuk menetapkan perentangan dari objek yangakan diskalakan.
Untuk block dan text merupakan objek yang tidak dapat di stretch atau direntangkan, namun dengan menggunakan perintah modus stretch, block dan text dapat dipindahkan posisinya.

Mengaktifkan Fasilitas Grip

Untuk dapat menjalakan perintah scale dengan grip kita terlebih dahulu harus mengaktifkan fasilitas grip terlebih dahulu dengan cara:
  • Dengan keyboard ketik GRIPS pada command
  • Enter
  • Ketik 1 untuk mengaktifkan grip dan ketik 0 untuk menonaktifkan grip

Demikian tutorial dari saya tentang tata cara menskalakan objek autocad. Yang mesti di ingat adalah, dalam menggambar dengan aplikasi autocad, teman-teman tetap menggambar dengan ukuran sebenarnya, proses menskalakan objek autocad biasanya dilakukan pada saat mengeprint.

Sampai jumpa lagi pada tutorial-tutorial berikutnya, wassalam.................................
0 Response to "MENSKALAKAN OBJEK AUTOCAD"

Lihat lebih banyak komentar
-->