FUNGSI FOLLOW ME SKETCHUP TUTORIAL

Tutorial SketchUp kali ini, kita akan menjelaskan fungsi dan cara penggunaan tool follow me pada aplikasi sketchup dalam menggambar berbagai hal

Dalam tutorial sketchup kali ini, kita akan menjelaskan fungsi dan cara penggunaan tool follow me pada aplikasi sketchup dalam menggambar berbagai hal.

Terlihat sekilas fungsi follow me sangat mirip dengan push/pull. Tool follow me ini berguna untuk menjadikan sebuah permukaan 2D menjadi 3D, tetapi ia sangat berbeda dengan tool push/pull yang hanya bekerja dalam satu arah saja arah vertikal dan horizontal.

Sedangkan untuk tool follow me dapat kita gunakan untuk membuat objek 3 dimensi sesuai jalur yang kita inginkan.

Ada beberapa langkah dalam menggunakan tool follow me ini seperti yang tertera dibawah ini.

  1. Objek jalur: Dalam SketchUp, Kita dapat menggunakan line, poliline atau pun permukaan datar sebagai jalur dalam penerapan tool follow me. Untuk itu pastikan kita telah membuat jalur tersebut.
  2. Objek permukaan : Untuk menjalankan tool follow me dibutuhkan objek permukaan datar sebagai proses penerapan pada jalur objek sehingga menghasilkan objek dalam bentuk 3 dimensi seperti yang kita inginkan. Objek permukaan datar atau face ini bisa berbentuk poligon tertutup ataupun lingkaran.

Untuk lebih jelas mengenai penggunaan tool follow me, mari kita lihat langkah demi langkah cara menjalankan tool follow me dibawah ini: 

  1. Untuk langkah pertama gambarlah sebuah objek permukaan atau face yang akan digunakan sebagai profil ekstrusi. bisa berupa lingkaran maupun poligon tertutup yang memiliki permukaan datar.
  2. Buat sebuah garis menggunakan line maupun polyline sebagai jalur objek face yang telah dibuat sebelumnya pada langkah pertama sebagai jalur ekstrusi.
  3. Pilih semua garis ekstrusi yang akan kita pakai.
  4. Aktifkan tool follow me dengan memilih Tools → Follow Me.
  5. Klik objek permukaan atau face yang ingin Anda ekstrusi.
  6. Dengan sendirinya objek permukaan atau face akan mengikuti garis ekstruksi yang kita pilih tadi.
  7. Perintah tool follow me ini juga dapat digunakan pada permukaan bidang datar sehingga profil ekstruksi akan mengikuti garis pinggir dari permukaan bidang datar atau face tersebut.

Video langkah diatas dpat dilihat disini Cara Menggunakan Tool Follow Me

Penggunaan tool follow me ini sangat dominan digunakan dalam menggambar dengan aplikasi sketchup karena sangat mudah digunakan dan merupakan tool bawaan.

Beberapa gambar yang dapat dibuat dengan tool ini seperti menggambar botol, profil-profil, pipa, jendela, pintu serta masih banyak lagi sesuai keahlian kita.

Demikian tutorial sketchup tentang penggunaan tool follow me dalam menggambar 3 dimensi jangan lupa ikuti juga "Membuat Rumah Dengan Sketchup"

0 Response to "FUNGSI FOLLOW ME SKETCHUP TUTORIAL"

Lihat lebih banyak komentar
-->