FUNGSI FITUR DIMENSION STYLE MANAGER

apa guna dari dimension dalam menggambar dengan aplikasi AutoCad? Dimension dalam aplikasi AutoCad ini bisa diartikan sebagai ukuran, baik berupa ukuran panjang, lebar, sudut, jari-jari/dimensi dari sebuah lingkaran serta ketinggian/elevasi.

Sebelum saya menjelaskan Fungsi Fitur Dimension Style pada AutoCad, saya akan menjelaskan apa guna dari dimension dalam menggambar dengan aplikasi AutoCad? Dimension dalam aplikasi AutoCad ini bisa diartikan sebagai ukuran, baik berupa ukuran panjang, lebar, sudut, jari-jari/dimensi dari sebuah lingkaran serta ketinggian/elevasi.



FUNGSI FITUR DIMENSION STYLE MANAGER

Jadi apa yang dimaksud dengan dimension style?

Dimension style dalam AutoCad dapat disimpulkan sebagai atribut dari ukuran yang digunakan baik berupa text, simbol/arrow, garis, fit, primary units, alternete units dan tolerances.



Apa fungsi dari setiap fitur yang ada pada tampilan Dimension Style Manager seperti gambar "dimension 1"? Untuk fungsi dari setiap fitur yang ada pada tampilan Dimension Style Manager akan saya jelaskan selanjutnya. teman-teman cukup mengetik huruf "D" pada keyboard lalu Enter maka akan tampil sebuah tampilan Dimension Style Manager seperti gambar diatas "dimension 1". Pada tampilan "dimensi 1" terlihat beberapa fitur diantaranya:

1. Style:


Style disini berisikan nama dari dimension style yang telah dibuat contoh seperti: ISO-25 dan Standar yang merupakan dimension style default.

2. Preview of:


Preview of ini adalah tampak/penampakan dari dimension style yang sedang dipilih dan merupakan preview yang bertujuan menampakkan setiap perubahan dari dimension style yang kita buat sebelum diterapkan pada gambar.

3. Set Current


Set Current ini berfungsinya sebagai fasilitas untuk menentukan dimension style yang ingin digunakan. contoh untuk menentukan dimension ISO-25 sebagai dimension style yang digunakan kita cukup klik ISO-25 pada Style lalu tekan tombol Set Current.

4. New Dimension Style


Fungsi dari New Dimension Style ini untuk membuat jenis dari dimension style yang diinginkan.

5. Modify Dimension Style


Modify Dimension Style ini berfungsi sebagai cara untuk mengedit dimension style yang ada.

6. Override Current Style


Override current style disini merupakan suatu tool untuk mengatur memperbaiki sementara untuk gaya dimensi yang digunakan. Pilihan kotak dialog identik dengan yang di kotak dialog New Dimension Style . Menggantikan ditampilkan sebagai perubahan yang belum disimpan di bawah gaya dimensi dalam daftar Styles.

7. Compare Dimension Style


Compare disini berfungsi untuk melihat perbedaan setingan/pengaturan dimension style satu dengan yang lainnya.

8. List


List disini memiliki dua pilihan yang kedua-duanya bertujuan menampilkan dimension style yang ada pada kolom style. 1. All Styles/menampilkan semua dimension style yang ada, 2. Styles in use/hanya menampilkan dimension style yang digunakan.

9. Description


Description disini hanya menunjukkan informasi dimension style yang sedang digunakan.