MENGHITUNG LUAS AREA DENGAN AUTOCAD

cara menghitung luas bidang cara membagi luas tanah di autocad cara menghitung luas banyak bidang di autocad cara menghitung luas atap di autocad cara

Menghitung Luas Area Dengan AutoCAD - Pada waktu tertentu mungkin teman-teman akan memerlukan beberapa informasi ukuran dari suatu objek yang telah teman-teman gambar, seperti panjang garis, jarak antar objek, luasan lingkaran atau volume suatu kubus dan sebagainya.

Untuk mendapatkan informasi dari ukuran panjang dan luasan suatu bidang, teman-teman dapat menggunakan tiga cara dengan fasilitas Inquiry Tool seperti yang kami sajikan dibawah ini.

  • Cara Pertama Perintah Distance (DI)

Perintah "Distance" dalam AutoCAD digunakan untuk mengukur jarak antara dua atau lebih titik di dalam gambar atau model yang sedang Anda kerjakan. Fungsi utama dari perintah ini adalah untuk memberikan informasi tentang jarak antara dua titik dalam unit pengukuran yang ditentukan.

Cara menjalankan perintah Distance (DI):

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan perintah "Distance" dalam AutoCAD:

  1. Aktifkan perintah "Distance". Anda dapat melakukannya dengan salah satu cara berikut:

    • Ketikkan "Distance" di baris perintah dan tekan Enter.
    • Klik ikon "Distance" yang terletak di toolbar AutoCAD.
    • Klik kanan di area gambar dan pilih "Distance" dari menu konteks.
  2. Setelah memulai perintah "Distance", AutoCAD akan meminta Anda untuk memilih titik pertama. Anda dapat mengklik pada titik pertama di layar atau memasukkan koordinatnya secara manual.

  3. Setelah memilih titik pertama, AutoCAD akan meminta Anda untuk memilih titik kedua. Anda dapat memilih titik kedua dengan mengkliknya di layar atau memasukkan koordinatnya secara manual.

  4. Setelah memilih titik kedua, AutoCAD akan menampilkan jarak antara kedua titik tersebut di baris perintah. Jarak ini akan ditampilkan dalam unit pengukuran yang telah Anda tentukan sebelumnya dalam pengaturan AutoCAD.

  • Cara Kedua Perintah Area (AA)

Perintah "Area" dalam AutoCAD digunakan untuk mengukur luas daerah tertentu di dalam gambar atau model yang sedang Anda kerjakan. Fungsi utama dari perintah ini adalah untuk memberikan informasi tentang luas suatu objek atau daerah dengan unit pengukuran yang ditentukan.

Cara menjalankan perintah Area (AA):

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan perintah "Area" dalam AutoCAD:

  1. Aktifkan perintah "Area". Anda dapat melakukannya dengan salah satu cara berikut:

    • Ketikkan "Area" di baris perintah dan tekan Enter.
    • Klik ikon "Area" yang terletak di toolbar AutoCAD.
    • Klik kanan di area gambar dan pilih "Area" dari menu konteks.
  2. Setelah memulai perintah "Area", AutoCAD akan meminta Anda untuk menentukan batas objek atau daerah yang ingin Anda hitung luasnya. Anda dapat menggambar poligon atau memilih objek yang sudah ada di layar.

  3. Setelah menentukan batas objek atau daerah, AutoCAD akan menghitung luasnya dan menampilkannya di baris perintah. Luas ini akan ditampilkan dalam unit pengukuran yang telah Anda tentukan sebelumnya dalam pengaturan AutoCAD.

  • Perintah Area (AA) Dengan Pengurangan Area Tertentu:

Selain untuk menghitung sutu area, perintah Area AA ini juga dapat digunakan untuk menghitung beberapa area, dengan cara menjumlahkan area-area, ataupun mengurangi area-area yang dihitung.

Cara menjalankan perintah Area (AA) dengan pengurangan adalah:

  1. Pada toolbar pilih Tools > Iquiry > Area
  2. Atau dapat juga teman-teman ketik pada keyboard AA > Enter
  3. Selanjutnya klik A > lalu tekan Enter
  4. Ketik O > lalu tekan Enter
  5. Select object (Jika area tertutup yang akan kita ukur berupa kumpulan dari line, maka kita harus merubahnya menjadi polyline dengan cara perintah join) lalu > lalu tekan Enter
  6. Ketik S > lalu tekan Enter
  7. Ketik O > lalu tekan Enter
  8. Select object pengurangan berupa lingkaran seperti gambar dibawah
  9. Lalu lalu tekan Enter
  10. Ketik O > lalu tekan Enter
  11. Select object pengurangan berupa persegi empat
  12. Lalu tekan Enter (Sebenarnya pada langkah ini kita telah dapat melihat ukuran area bidang yang kita ukur. namun jika kita ingin menambah sebuah bidang pengurangan lagi, kita dapat melakukannya dengan cara mengikuti langkah ke 10 sebagai penambahan objek pengurangan.)
  13. Kemudia Enter lagi sebagai penutup.

Ketiga perintah, yaitu "Distance", "Area", dan "Area + Pengurangan", memiliki kaitan yang penting bagi seorang drafter dalam proses penggambaran menggunakan AutoCAD. Berikut adalah kaitan-kaitan tersebut:

  1. Perintah "Distance": Sebagai seorang drafter, perintah "Distance" sangat penting karena memungkinkan Anda untuk mengukur jarak antara titik-titik dalam gambar. Hal ini membantu Anda dalam memastikan akurasi dimensi dalam desain dan mengatur elemen-elemen dengan tepat. Dengan perintah ini, Anda dapat mengukur panjang garis, jarak antara objek, atau dimensi lain yang relevan dalam gambar. Ini memungkinkan Anda untuk menciptakan gambar yang akurat dan sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan.

  2. Perintah "Area": Perintah "Area" sangat berguna bagi drafter dalam mengukur luas objek atau daerah tertentu dalam gambar. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan informasi tentang luas area seperti bangunan, lahan, atau elemen-elemen lainnya dalam desain. Sebagai drafter, Anda dapat menggunakan perintah ini untuk menghitung luas area yang penting dalam perencanaan, analisis, atau estimasi material. Hal ini membantu Anda memahami proporsi dan perbandingan area dalam gambar dan memastikan desain yang sesuai dengan persyaratan proyek.

  3. Perintah Area dengan Pengurangan Area Didalamnya mempercepat seorang drafter dalam mengetahui luasan area dikurangi area didalamnya dalam sekali klik.

  • Tips dan Trik Menghitung Luas Area Dengan AutoCAD:

Tips dan Trik untuk menghitung dari luas area ataupun panjang suatu objek, yang mesti dilakukan adalah menyatukan seluruh objek yang berkaitan menjadi satu kesatuan dengan perintah polyline join.

Tujuannya untuk mempermudah kita dalam penyeleksian atau pemilihan objek yang akan di hitung luas dan panjangnya dalam sekali klik.

Demikian cara Menghitung Luas Area Dengan AutoCAD semoga apa yang kami sajikan menjadi acuan buat kita semua dalam menjalankan aplikasi AutoCAD khususnya buat kita yang ingin mengetahui ukuran-ukuran sebuah bidang dan garis.

Sampai jumpa lagi pada tutorial-tutorial AutoCAD berikutnya di arman al dot com tempat kumpul blog tutorial.

Video Cara Menghitung Luas Area Gengan AutoCAD

0 Response to "MENGHITUNG LUAS AREA DENGAN AUTOCAD"

Lihat lebih banyak komentar
-->