TUTORIAL AUTOCAD CARA COPY PASTE LINK TABEL EXCEL

Tutorial AutoCAD Cara Copy Paste Link Tabel Excel berisikan langkah-langkah yang dapat kita lakukan jika kita membutuhkan tabel link dalam rancangan kita

Tidak jarang terkadang dalam sebuah pekerjaan rancangan kita membutuhkan informasi perhitungan dengan tabel di dalam gambar AutoCAD yang kita kerjakan. Dalam Tutorial AutoCAD kali ini, kami akan berbagi Cara Copy Paste Tabel Excel secara Link ke AutoCAD.

Untuk cara copy paste tabel excel dapat dilakukan dengan dua cara yang pertama dengan menggunakan link (Paste Link) kemudian dengan copy paste biasaa tanpa link (Paste).

Copy dengan Paste Link

Untuk cara copy paste dengan link, semua tampilan dari excel akan tercopy sempurna di AutoCAD dan setiap perubahan yang dilakukan pada tabel asli di Excel secara otomatis akan terubah pada tabel di AUtoCAD.

Tutorial Pertama :

  1. Buka file excel - blok tabel lalu copy CTRL + C
  2. Buka aplikasi AutoCAD ketik PA "PASTESPEC" lalu ENTER
  3. Pada jendela Paste Special bagian Souce pilih Paste Special lalu pada bagian As pilih Microsoft Office Excel Worksheet
  4. Lalu klik OK

Tutorial Kedua :

  1. Klik Insert 
  2. Pada bagian toolbar klik Data Link
  3. Pilih Create new a Data Link pada jendela Data Link Manager yang muncul
  4. Kemudian pada jendela Enter Data Link Name tulis nama data link lalu klik OK
  5. Akan terbuka jendela New Excel Data Link: Nama data link
  6. Klik kotak [...] untuk mencari file excel yang akan kita link
  7. Pilih file Excel lalu klik Open
  8. Kemudian klik OK

Sampai pada tahap ini kita telah memiliki file excel yang akan kita link ke AutoCAD. Langkah selanjutnya cara menampilkan file excel pada AutoCAD : 

  1. Pada menubar pilih Annotate lalu pada toolbar klik Table
  2. Akan mencul jendela Insert Table kemudial dibagian Insert Option - From a Data Link klik kursor kebawah untuk memilih data yang telah kita link sebelumnya
  3. Jika sudah lalu klik OK

Untuk Tutorial AutoCAD kedua, setiap perubahan yang dilakukan pada tabel excel tidak secara otomatis merubah tabel di AutoCAD kita mesti melakukan update dengan cara klik pada cell tabel lalu akan muncul menubar Table Cell kemudian klik Download from Source Data.

Untuk settingan tabel juga mesti dilakukan pengaturan ulang karena pengaturan yang dilakukan di excel tidak berfungsi pada cara copy paste ini.

Sebenarnya untuk langkah kedua ini bisa kita lakukan dengan langkah pertama namun pada langkah ke 3 bagian  Microsoft Office Excel Worksheet ganti dengan memilih AutoCAD Entities.

Demikian Tutorial AutoCAD Cara Copy Paste Link Tabel Excel yang dapat kami sajikan semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi kita yang membutuhkan.

Sampai jumpa lagi dalam tutorial lainnya. Untuk penjelasan lebih lanjut dapat anda saksikan di video yang kami sisipkan dibawah ini