MENGHITUNG LUAS AREA DENGAN AUTOCAD

cara menghitung luas bidang cara membagi luas tanah di autocad cara menghitung luas banyak bidang di autocad cara menghitung luas atap di autocad cara

Menghitung Luas Area Dengan AutoCAD - Pada waktu tertentu mungkin teman-teman akan memerlukan beberapa informasi ukuran dari suatu objek yang telah teman-teman gambar, seperti panjang garis, jarak antar objek, luasan lingkaran atau volume suatu kubus dan sebagainya.

Untuk mendapatkan informasi dari ukuran panjang dan luasan suatu bidang, teman-teman dapat menggunakan dua cara dengan fasilitas Inquiry Tool seperti yang kami sajikan dibawah ini.

1. Distance / Menghitung Jarak

Digunakan untuk mengukur jarak dan untuk mengetahui sudut di antara dua titik, hasil perhitungan yang real secara 3D akan ditampilkan dalam laporan, yaitu pergeseran terhadap sumbu X,Y,Z. Ukuran jarak yang ditampilkan berdasarkan pada setting unit yang teman-teman pakai.

Untuk mengukur panjang garis dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pada toolbar pilih Tools > Inquiry > Distance
  2. Atau pada keyboard ketik DI lalu Enter
  3. Tentukan titik pengukuran pertama.
  4. Tentukan titik pengukuran kedua.
  5. Selanjutnya akan muncul jarak antara kedua titik (lihat contoh gambar animasi dibawah)

2. Area / Menghitung Luasan Bidang

Teman-teman dapat memperoleh informasi suatu luasan area atau keliling area dengan memilih objek atau menentukan titik-titik yang membentuk suatu area.

Apabila teman-teman akan menghitung total area dari beberapa objek, telah disediakan fasilitas penambahan atau pengurangan area pada saat teman-teman menjalankan perintah area.

Langkah-langkah dalam menjalankan perintah area dengan cara memilih titik-titik yang membentuk suatu area dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pada toolbar pilih Tools > Iquiry > Area 
  2. Atau dapat juga teman-teman ketik pada keyboard AA > Enter
  3. Untuk selanjutnya klik pada setiap titik sudut hingga menutup, dari titik 1 s/d titik 1. Ini berlaku untuk penggabungan beberapa objek (lihat gambar animasi dibawah).
  4. Jika objek yang akan dihitung luas areanya merupakan satu kesatuan/polyline teman-teman dapat melakukan dengan cara ketik O pada objek.

3. Area / Menghitung Luasan Bidang dengan Pengurangan

Selain untuk menghitung sutu area, perintah ini juga dapat digunakan untuk menghitung beberapa area, dengan cara menjumlahkan area, ataupun mengurangi area. sebagai contoh:

  1. Pada toolbar pilih Tools > Iquiry > Area 
  2. Atau dapat juga teman-teman ketik pada keyboard AA > Enter
  3. Selanjutnya klik A > lalu tekan Enter
  4. Ketik O >  lalu tekan Enter
  5. Select object  (Jika area tertutup yang akan kita ukur berupa kumpulan dari line, maka kita harus merubahnya menjadi polyline dengan cara perintah join) lalu >  lalu tekan Enter
  6. Ketik S >  lalu tekan Enter
  7. Ketik O >  lalu tekan Enter
  8. Select object pengurangan berupa lingkaran seperti gambar dibawah
  9. Lalu tekan  lalu tekan Enter
  10. Ketik O >  lalu tekan Enter
  11. Select object pengurangan berupa persegi empat
  12. Lalu tekan Enter (Sebenarnya pada langkah ini kita telah dapat melihat ukuran area bidang yang kita ukur. namun jika kita ingin menambah sebuah bidang pengurangan lagi, kita dapat melakukannya dengan cara mengikuti langkah ke 10 sebagai penambahan objek pengurangan.)
  13. Kemudia Enter lagi sebagai penutup.

Demikian cara Menghitung Luas Area Dengan AutoCAD  semoga apa yang kami sajikan menjadi acuan buat kita semua dalam menjalankan aplikasi AutoCAD khususnya buat kita yang ingin mengetahui ukuran-ukuran sebuah bidang dan garis.

Sampai jumpa lagi pada tutorial-tutorial AutoCAD berikutnya di arman al dot com tempat kumpul blog tutorial.

Lihat Video Dibawah:

Related Posts