DESAIN RUMAH 3D (Menggambar Lantai)

tutorial Desain Rumah 3D (menggambar lantai) dan sampai jumpa lagi pada tutorial berikutnya tentang Desain Rumah 3D (menggambar atap) Model Rumah, Min

DESAIN RUMAH 3D (Menggambar Lantai) LANJUTAN

Dalam membuat objek lantai, disini saya akan membuat objek lantai dengan ketebalan 30 cm. Untuk tinggi rendah dari objek lantai dapat disesuaikan dengan perencanaan elevasi lantai.

Untuk langkah awal dalam membuat objek lantai yang mesti kita rubah adalah view / tampilan, ini bertujuan untuk mempermudah dalam menggambar objek lantai. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pada Menu Bar pilih menu View > 3D > Top
  2. Nonaktifkan semua layer 3D yang pernah dibuat sebelumnya (Bertujuan menyembunyikan sementara setiap objek solid yang dibuat sebelumnya agar dalam menggambar lantai lebih mudah)
  3. Buat layer baru dengan nama 3D Lantai dan aktifkan sebagai layer utama
  4. Pada Menu Bar pilih menu Draw > Polyline.
  5. Specify start point: Klik pada titik awal dari garis luar denah dinding yang ingin dibuatkan lantai.
  6. Specify next poin or: Lanjutkan membuat garis dengan perintah polyline sehingga garis menutup kemudian tekan Enter.
  7. Untuk langkah selanjutnya pada Menu Bar pilih menu Draw > Region
  8. Select objects: Pilih garis yang dibuat tadi Enter
  9. Teman-teman dapat memilih objek atau garis terakhir yang dibuat dengan perintah L
  10. Select objects: L kemudian tekan Enter
  11. Pada Menu Bar pilih menu Modeling > Extrude
  12. Select objects to extrude or [Mode]: Klik pada objek yang igin di extrude.
  13. Specify height of extrusion or [ Direction Path Taper angle Expression ]: 0.30 Beri nilai ketebalan / ketinggian lantai 0.30 m Enter.
Jika langkah-langkah diatas telah benar-benar dilakukan berarti teman-teman telah berhasil membuat lantai, namun berupa lantai yang datar belum memiliki elevasi atau tinggi rendah.

Untuk membuat lantai agar ada elevasi atau tinggi rendah, teman-teman dapat menggunakan perintah Subtract ataupun Union.

Fungsi dari Subtract dan Union

Dalam AutoCAD 3D, "Subtract" dan "Union" adalah dua operasi boolean yang digunakan untuk memanipulasi objek 3D. Berikut adalah penjelasan tentang fungsi keduanya:

  1. Subtract (Pengurangan): Operasi Subtract digunakan untuk mengurangi satu objek 3D dari objek lainnya. Ketika Anda menggunakan operasi Subtract, objek yang dipilih akan dihapus atau "dikurangi" dari objek lainnya. Dalam konteks AutoCAD 3D, ini berarti bahwa objek yang dipilih akan dipotong atau dipahat dari objek lainnya. Operasi Subtract sangat berguna ketika Anda ingin membuat lubang atau celah pada objek 3D yang lebih besar. Misalnya, jika Anda memiliki sebuah balok dan ingin membuat lubang berbentuk silinder di dalamnya, Anda dapat menggunakan operasi Subtract untuk mencapai hasil tersebut.

  2. Union (Gabungan): Operasi Union digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih objek 3D menjadi satu objek tunggal. Ketika Anda menggunakan operasi Union, semua objek yang dipilih akan digabungkan menjadi satu objek. Dalam konteks AutoCAD 3D, ini berarti bahwa tepi dan permukaan objek akan bersatu dan membentuk satu kesatuan. Operasi Union berguna ketika Anda ingin menggabungkan beberapa objek menjadi satu, misalnya, untuk membuat bentuk yang lebih kompleks atau menyatukan beberapa bagian menjadi satu kesatuan.

Kedua operasi boolean ini membantu Anda dalam membuat dan memanipulasi objek 3D dengan lebih fleksibel dalam AutoCAD.

Demikian tutorial Desain Rumah 3D (menggambar lantai) dan sampai jumpa lagi pada tutorial berikutnya tentang Desain Rumah 3D (menggambar atap).

BERLANJUT

0 Response to "DESAIN RUMAH 3D (Menggambar Lantai)"

Lihat lebih banyak komentar
-->