CARA MENGATASI KESALAHAN STRUCTURE DATA

ara Mengatasi Kesalahan Structure Data anda lakukan dengan benar mudah-mudahan error/kesalahan yang terjadi pada structure data dapat teratasi.

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan ketika kita membuat sebuah blog, salah satunya kesalahan yang terjadi ketika kita menguji situs web kita pada structure data testing tool. Pada kali ini saya akan berbagi cara mengatasi kesalahan structure data yang biasa terjadi ketika kita baru membuat blog/menerapkan template blogger. Tulisan ini merupakan pengalaman yang terjadi berkali-kali pada saat awal membuat blog sehingga saya menganggap perlu untuk menuliskan apa yang pernah saya alami tentang permasalahan dan cara mengatasinya.


Yang paling sering terjadi biasanya ketika kita tidak merasa puas dengan template blog yang kita gunakan sehingga kita memutuskan untuk mengganti template blog dengan template yang baru, mungkin dengan tujuan agar blog yang kita buat enak terlihat sehingga tidak membosankan. Namun terkadang kita lupa dengan structure data dari template blog tersebut, apakah ada kesalahan  dalam stuktur data template yang kita gunakan. Untuk itu kita perlu menguji apakah template blog yang kita gunakan terbebas dari kesalahan data tersturktur tersebut.

Untuk dapat menguji blog kita pada structure data testing tool, sebelumnya kita mesti masuk pada search console lalu pilih sumber daya lainnya kemudian alat pengujian alat terstruktur. Kita akan dibawa ke tampilan Structure Data Testing Tool, pada tampilan ini kita diminta untuk mengambil url atau isikan url yang ngin teman-teman coba kemudian tekan tombol ambil & validasi.

Pada saat selesai pengujian  structure data testing tool biasanya terjadi beberapa kesalahan dan disini saya akan memberikan cara mengatasi kesalahan data terstruktur.


Adapun kesalahan data terstuktur yang sering kita temui:

(!)image_url:
<meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWSmEFjFGxZFjSC1PZL387iZdl7WGmacGRjA87wQwh6GD0v2Dq3GborVw-aBrKqdkakdrMqCu9EWqHZQaU-qiFNl0srUT3wwZ7D88UftZLQBDw74k1jo70xPfCKVLKV6aQC1_WNYCq1wU/s400/Paypal5.png' itemprop='image_url'/>

Cara mengatasi:
Cari <meta content=" seperti di atas dengan ctrl+f kemudian pada "image_url" hapus url sehingga tampak seperti ini
<meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgWSmEFjFGxZFjSC1PZL387iZdl7WGmacGRjA87wQwh6GD0v2Dq3GborVw-aBrKqdkakdrMqCu9EWqHZQaU-qiFNl0srUT3wwZ7D88UftZLQBDw74k1jo70xPfCKVLKV6aQC1_WNYCq1wU/s400/Paypal5.png' itemprop='image'/>

Kesalahan:
(!)BlogId:
<meta expr:content='data:blog.blogId' itemprop='blogId'/>
<meta expr:content='data:post.id' itemprop='postId'/>



Cara mengatasi: Untuk dapat mengatasi kesalahan diatas kita masuk pada Template edit HTML kemudian dengan menggunakan ctrl+f cari kedua meta content diatas lalu hapus keduanya -- simpan.
Kesalahan:
(!)headline: 

Cara mengatasi:
Pada edit HTML Template cari dengan ctrl+f satu persatu
<h1 class="mobile-index-title entry-title" itemprop="name">
<h2 class="mobile-index-title entry-title" itemprop="name">
<h3 class="mobile-index-title entry-title" itemprop="name"> Ganti itemprop="name"> dengan  itemprop="headline">

Jika langkah-langkah Cara Mengatasi Kesalahan Structure Data anda lakukan dengan benar mudah-mudahan error/kesalahan yang terjadi pada structure data dapat teratasi. Untuk mengetahui berhasil atau tidak nya anda dapat menguji dengan Structure Data Testing Tool.