DESAIN RUMAH 3D (Menggambar Kusen, Pintu, Jendela)

Ukuran kayu yang digunakan untuk membuat kusen biasanya disesuaikan dengan ketebalan dinding, untuk itu saya menggunakan kayu dengan ukuran 6/13 cm se

DESAIN RUMAH 3D

Ukuran kayu yang digunakan untuk membuat kusen biasanya disesuaikan dengan ketebalan dinding, untuk itu saya menggunakan kayu dengan ukuran 6/13 cm sesuai dengan ketebalan dinding yang saya buat. Untuk menggambar kusen, pintu ataupun jendela pada AutoCAD caranya sama, hanya pada penggunaan material dan ukuran yang berbeda.

Banyak cara dalam membuat kusen,pintu dan jendela, namun pada kali ini saya akan menggunakan perintah sweep, teman-teman dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan cara sebagai berikut:

Membuat kusen2

  1. Buat sebuah layer dengan nama 3D Kusen.
  2. Pada Menu Bar pilih menu Draw > line
  3. Buat 2 buah object sebagai bingkai dan pola kusen.

  4. Untuk pola kusen seperti diatas telah diterapkan perintah Region. (Pola bisa dibuat sesuai ukuran kayu kusen)
  5. Ubah tampilan pada Menu Bar pilih menu View > 3D Navigation > SW Isometric
  6. Putar garis pola kusen dengan menggunakan 3D Rotate
  7. Pada Menu Bar pilih menu Modify > 3D Rotate
  8. Select object: Pilih objek yang akan di rotasi (garis pola kusen)
  9. Specify base point: Klik pada satu titik penentuan perputaran.
  10. Pick a rotation axis: Pilih garis axis putar untuk menentukan arah perputaran.
  11. Specify angle start point or type an angle: @0,90 Tentukan sudut memulai perputaran @0 , 90 (untuk nilai perputaran sesuaikan dengan keadaan).
  12. Pindahkan pola kusen tepat ditepi garis bingkai (lihat gambar dibawah)

  13. Pada Menu Bar pilih menu Modeling > Sweep
  14. Select object to sweep or [Mode]: Pilih objek pola kusen lalu Enter.
  15. Select sweep path or [Alignment Base point Scale Twist]: Klik garis bingkai.
  16. Selesai sperti terlihat pada gambar dibawah

Untuk membuat pintu ataupun jendela caranya sama dengan menggambar kusen. Untuk lebih jelasnya teman-teman dapat melihat pada video tutorial dibawah.

Membuat lubang

Untuk membuat lubang penempatan kusen teman-teman dapat menggunakan perintah Subtract. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pada Menu Bar pilih menu Draw > Line
  2. Buatlah object tertutup dengan perintah line dengan bentuk garis luar kusen.
  3. Pada Menu Bar pilih menu Draw > Region
  4. Select object: Pilih semua garis yang dibuat Enter
  5. Pada Menu Bar pilih menu Modeling > Extrude
  6. Beri ketebalan melebihi ketebalan dari dinding dengan perintah Extrude.
  7. Putar object dengan perintah 3D Rotate
  8. Move / Tempatkan pada dinding yang ingin dilubangi 
  9. Pada Menu Bar pilih menu Solid Editing > Subtract.
  10. Select object: Pilih dinding Enter
  11. Select object: Pilih object pelubang Enter
  12. Selesai

Penempatan kusen

Untuk penempatan kusen, teman-teman dapat menggunakan perintah Move, Copy, Paste, 3D Rotate untuk memindahkan dan menempatkan sesuai posisinya.

BERLANJUT-->

0 Response to "DESAIN RUMAH 3D (Menggambar Kusen, Pintu, Jendela)"

Lihat lebih banyak komentar
-->